Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Klopp Bersikukuh Keputusan Soal Coutinho dan Firmino Tepat

Senin 11 December 2017 07:40 WIB

Red: Ratna Puspita

Pemain Liverpool Roberto Firmino (tengah) dan Philippe Coutinho (kiri) duduk di bangku cadangan saat pertandingan Liga Primer 2017/2018 antara Liverpool FC dan Everton FC di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (10/12).

Pemain Liverpool Roberto Firmino (tengah) dan Philippe Coutinho (kiri) duduk di bangku cadangan saat pertandingan Liga Primer 2017/2018 antara Liverpool FC dan Everton FC di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (10/12).

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL — Pelatih Everton Sam Allardyce menyatakan tidak adanya Philippe Coutinho dan Roberto Firmino memotivasi timnya ketika menghadapi Liverpool pada lanjutan Liga Primer 2017/2018, Ahad (10/12). Namun, pelatih Liverpool Jurgen Klopp bersikukuh keputusannya tidak menurunkan duo Brasil itu sebagai starter adalah langkah yang tepat.

Liverpool bermain imbang 1-1 melawan Everton 1-1 di Stadion Anfield pada Ahad (10/12). Mohamed Salah membawa the Reds unggul tiga menit sebelum turun minum sedangkan Everton mendapatkan gol penyama kedudukan melalui kaki Wayne Rooney dari titik putih pada menit ke-69. 

Coutinho dan Firmino keduanya masuk di babak kedua. Namun, keduanya tidak mampu membantu Liverpool mendapatkan gol kedua untuk memenangi pertandingan. Everton pun meraih satu poin di Anfield.

Saat konferensi pers, Klopp pun ditanya apakah perubahan, seperti tidak menurunkan Coutinho dan Firmno, pada laga tersebut sebagai keputusan yang tepat. “Saya pikir sebelum pertandingan, ya. Sekarang juga masih ya, meski hasilnya tidak menunjukkannya,” kata pelatih asal Jerman itu dilansir dari ESPN, Senin (11/12). 

Menurut Klopp, the Reds sudah melakukan rotasi serupa pada enam atau tujuh pekan terakhir. Klopp juga mengaku sudah kerap berbicara dengan para pemainnya bahwa dia bisa saja melakukan banyak perubahan saat memenangkan pertandingan. 

“Saat kami tidak memenangkan pertandingan, saya yang bertanggung jawab. Saya tidak masalah dengan itu,” kata Klopp. 

Klopp memuji para pemainnya yang tampil luar biasa dan menunjukkan kerja keras pada pertandingan tersebut. Di sisi lain, dia memahami hasil imbang ketika menjamu rival sekota pada laga derbi kerap sulit diterima. 

"Kami mencoba segalanya, kami bisa mencetak gol, kami memiliki peluang bagus. Kami memiliki semua yang dibutuhkan untuk mencetak gol tapi kami tidak memaksimalkannya. Hari seperti ini bisa terjadi, kami ingin menang 1-0 dan kami tidak mendapatkannya,” kata dia.

Liverpool tampil mendominasi dengan penguasaan bola sebesar 79 persen dan 23 tembakan ke arah gawang dalam pertandingan tersebut. Everton hanya menguasai bola 21 persen, yang merupakan rekor terendah mereka dalam pertandingan Liga Primer sejak Opta mulai merekam statistik di musim 2003/2014.

"Kami memaksa mereka masuk ke zona pertahanan mereka. Namun, sulit mencetak gol, terutama saat lawan tidak mengubah gaya permainan atau apapun setelah mereka tertinggal 0-1,” kata dia. 

Dia mengatakan gaya permainan Everton menyulitkan the Reds mencetak gol tambahan. “Tapi, kami mengendalikan permainan terlepas dari situasi, yang sayangnya menentukan hasil pertandingan ini. Itulah yang harus kami terima,” kata dia. 

Sementara itu, Allardyce mengaku senang tidak melihat Coutinho dan Firmino sejak awal pertandingan. Namun, dia mengatakan, hasil imbang tersebut juga lantaran timnya memeragakan pertahanan brilian ketika menghadapi lini depan Liverpool. 

“Mereka tetap punya sejumlah pemain berbakat berbakat di lapangan. Mereka punya pemain utama untuk mencetak gol. Mereka punya [Sadio] Mane dan Salah di lapangan. Tahukah Anda apa maksud saya? Mereka punya dua pencetak gol terbanyak di Liverpool di lapangan dan kami membungkam mereka,” kata dia.  

Pemain Liverpool Philippe Coutinho (kiri) beraksi pada pertandingan Liga Primer 2017/2018 antara Liverpool FC dan Everton FC di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (10/12). EPA-EFE/PETER POWELL

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 August 2018, 11:11 WIB