Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Pemain Muslim Newcastle Tolak Sponsor Perusahaan Riba

Rabu 10 Okt 2012 13:21 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Didi Purwadi

Dua striker Newcastle United, Papiss Cisse dan Demba Ba melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol. Cisse membantah telah bertengkar dengan Ba.

Dua striker Newcastle United, Papiss Cisse dan Demba Ba melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol. Cisse membantah telah bertengkar dengan Ba.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Kesepakatan Newcastle United dan Wonga tidak luput dari kontroversi. Empat pemain Muslimnya menolak mengenakan jersey berlogo sponsor Wonga karena perusahaan itu diduga perusahaan rentenir.

Dewan Muslim Inggris (MCB) berharap petinggi the Magpies bisa menghormati keinginan empat pemain Muslim Newcastle. Mereka meminta dispensasi tidak mengenakan jersey klub berlogo sponsor Wonga. Karena dalam hukum syariah, memberi atau menerima bunga sangat dilarang.

“Dengan asumsi empat pemain berada di lapangan pada saat yang sama, jika Anda memiliki tujuh dari 11 pemain (dengan sponsor di kaos mereka), Anda memiliki cakupan yang cukup (untuk promosi sponsor),” kata Asisten Sekjen MCB, Syaikh Ibrahim Mogra, seperti dikutip Guardian, Rabu (10/10).

Mogra mengatakan permintaan keempat pemain itu bukan permintaan yang terlalu banyak. Empat pemain itu adalah Demba Ba, Papiss Cisse, Cheik Tiote, Hatem Ben Arfa.

Wonga yang berbasis di London dan didirikan pada 2006 itu dikenal mampu menyediakan dana pinjaman secara kilat. Namun, muncul tuduhan terhadap Wonga yang diidentikkan sebagai perusahaan rentenir raksasa di Inggris.

Wonga yang memiliki cabang hingga ke Afrika Selatan itu dikenal memberikan suku bunga hingga 4,214 persen per tahun. Jumlah itu terbilang tinggi di Negeri Elizabeth.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA