Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Pengganti Fergie Harus Pahami MU

Jumat 11 Nov 2011 22:31 WIB

Rep: Hiru Muhammad/ Red: Chairul Akhmad

Pelatih Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson.

Pelatih Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Siapa pun calon pengganti manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, kelak haruslah orang yang memahami nilai-nilai positif yang dianut klub Setan Merah selama ini.

Fergie yang telah 25 tahun menangani MU, dianggap sebagai salah satu dari sedikit pelatih sepak bola yang sukses menangani tim asuhannya. Selama masa kepemimpinanya, MU telah banyak meraih sukses besar, tidak hanya di Liga Primer melainkan hingga kancah persaingan sepak bola Eropa dan dikenal masyarakat dunia.

Meski pelatih yang akan memasuki usia 70 tahun tersebut telah mengisyaratkan akan pensiun, namun sejauh ini manajemen di Old Trafford masih belum mencari calon penggantinya. "Tidak mudah mencari penggantinya," kata David Gill, CEO Manchester United seperti dikutip ESPNStar.com, Jumat (11/11).

Sebagai klub yang telah banyak meraih sukses sejak tahun 1950 hingga kini, manajer baru harus memahami nilai maupun sudut pandang klub. Sejumlah pemain muda MU binaannya seperti Phil Jones, Chris Smalling, Danny Webeck dan Tom Cleverly, dijadikan Fergie sebagai dasar pembentukan pemain MU di masa mendatang.

Di sisi lain, Fergie juga membeli pemain baik dari Inggris sendiri maupun dari luar negeri. Seperti Christian Ronaldo atau Wayne Rooney. "Siapa pun manajer baru nanti haruslah orang yang mampu membuat klub ini menjadi lebih besar dan Alex adalah bagian dari warisan kekuatan besar ini," puji Gill.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA