Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

Wednesday, 11 Syawwal 1441 / 03 June 2020

MU Kian Pe-De, Arsenal Tersingkir

Ahad 13 Mar 2011 07:50 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Manchester United

Manchester United

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Manchester United akhirnya menemukan keyakinan diri dan kembali ke jalur kemenangan setelah berhasil menyingkirkan Arsenal 2-0 dalam perempat final Piala FA di Old Trafford pada Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari). Tim Sir Alex Ferguson itu sebelumnya telah kehilangan tiga dari lima pertandingan terakhir mereka di liga Inggris, tetapi gol dari Fabio da Silva dan Wayne Rooney telah mengembalikan rasa percaya diri mereka dan menjamin satu tiket bagi United di babak semifinal di stadion Wembley.

Sementara moral para pemain United kembali meningkat menyusul kemenangan itu, Arsenal terancam mengalami degradasi mental yang akut karenanya.

Arsenal telah terperosok ke dalam dua minggu yang kelam menyusul kekalahan di final Piala Liga atas Birmingham dan kegagalan melaju ke babak selanjutnya di Liga Champion di tangan Barcelona, ditambah dengan kekalahan di Piala FA itu. Satu-satunya harapan "The Gunners" akan sebuah gelar juara sekarang hanya tinggal di pentas Liga Primer Inggris.

Ferguson menurunkan sebuah tim yang agak lemah yang terdiri atas tujuh pemain bertahan dengan maksud mengistirahatkan pemain-pemain inti lainnya yang akan diturunkan pada leg kedua pertandingan Liga Champion pada Selasa mendatang menghadapi Marseille.

Di lain pihak pelatih Arsenal Arsene Wenger menurunkan formasi sebelas pemain terbaiknya dengan target mengalahkan United dan melupakan dua kekalahan sebelumnya. Sepertinya perjudian pemilihan pemain inilah yang akhirnya berhasil dimenangkan oleh Ferguson.

Fabio membuka skor dengan sebuah penyelesaian jarak dekat di menit ke-28 setelah kiper Arsenal Manuel Almunia hanya bisa menepis bola hasil sundulan Javier Hernandez dari sebuah umpan silang Rooney yang kemudian jatuh di kaki pemain Brazil itu. Ia tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan langsung menjebloskan bola muntah (rebound) itu ke gawang Almunia.

Pemain Arsenal Robin van Persie, yang pada pertengahan minggu lalu secara kontroversial diusir oleh wasit karena masih menendang bola meski dinyatakan "offside", hampir menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir, namun bola tembakan mendatarnya itu berhasil ditepis oleh Edwin van der Sar.

Sebuah tembakan Laurent Koscielny juga berhasil digagalkan oleh van der Sar segera setelah babak kedua dimainkan. Manchester United, yang terakhir kali menjadi juara Piala FA pada 2004, kemudian menggandakan kedudukan pada menit ke-49 melalui sebuah serangan balik.

Sebuah bola giringan Rafael da Silva yang ditembakkan secara menyilang ke arah gawang Arsenal membuat Johan Djourou harus mati-matian memblok bola itu, namun bola yang berhasil ditahannya itu kemudian melayang ke arah Rooney yang kemudian menyundulnya melewati kiper Almunia dari sudut yang sangat sempit.

Berita buruk bagi Arsenal semakin bertambah karena pemain tengah bertahan mereka Djourou tergeletak tak berdaya dengan cidera pada bahu pada menit-menit akhir pertandingan. Djorou menambah daftar pemain Arsenal yang cedera setelah Cesc Fabregas, Alex Song dan Wojciech Szczesny juga harus istirahat untuk memulihkan cedera mereka masing-masing.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA