Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Persija Sementara Unggul Lewat Gol Marko Simic

Ahad 09 Dec 2018 17:17 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani

Striker Persija Jakarta Marko Simic berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Mitra Kukar dalam laga terakhir Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (9/12).

Striker Persija Jakarta Marko Simic berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Mitra Kukar dalam laga terakhir Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (9/12).

Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Gol Simic pada babak pertama terjadi melalui titik penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Persija Jakarta unggul sementara atas Mitra Kukar FC. Laga babak pertama pada pertandingan pekan final laga ke-34 Liga 1 2018 antara kedua kesebelasan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) Jakarta, Ahad (9/12) berakhir dengan skor 1-0. Striker Marko Simic menjadi penentu keunggulan sementara Macan Kemayoran atas Si Naga Mekes kali ini.

Gol terjadi lewat sepak penalti. Pelanggaran oleh bek Mitra Kukar Saepulloh Maulana kepada Simic pada menit ke-14 di areal terlarang tim tamu, membuat wasit Prasetyo Hadi menunjuk ke titik putih. Sejumlah penggawa Naga Mekes mencoba protes keputusan wasit. Tetapi wasit tak menarik hadiah kepada tim Macan Kemayoran.

Simic mengambil sepakan 12 pas pada menit ke-17. Tendangan kaki kanannya keras mengarahkan bola ke gawang. Kiper Yoo Jae-hoon, berhasil membaca arah tendangan dan mencoba menghalau. Namun derasnya laju bola, membuat gawangnya tetap jebol. Gol Simic membuka keunggulan Persija 1-0. Skor pembuka dari Simic di laga kali ini menjadi gol ke-17 Simic selama Liga 1 musim berjalan.

Keunggulan sementara Persija memang sudah tampak sejak awal pertandingan. Sokongan dari 77 ribu suporter di GBK Jakarta, modal kuat bagi tuan rumah untuk menang. Selain itu pelatih Stefano Cugurra Teco memang punya materi pemain yang lebih baik ketimbang Mitra Kukar. Ia menurunkan 11 penggawa terbaiknya dalam formasi menyerang 4-3-3. Selain Simic, di lini depan juga ada Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan.

Sementara pelatih Mitra Kukar Rahmad Darmawan, mencoba melawan dengan gaya bermain bertahan, dalam formasi 4-2-3-1. Rahmad Darmawan, yang juga pernah menjadi pelatih Macan Kemayoran, di laga kali ini mengandalkan Fernando Rodriguez sebagai striker tunggal di lini depan. Akan tetapi, ia juga menurunkan pemain serang muda, Septian David Maulana sebagai gelandang sayap. Saat pertandingan, lima menit pertama gawang Mitra Kukar sudah tiga kali terancam.

Tekanan para penggawa Persija, membuat para pemain Naga Mekes bertahan total sampai menit ke-10. Baru pada menit ke-11, para penggawa tamu berhasil keluar dari tekanan dan mencatatkan peluang pertama. Lewat umpan sayap kiri, Hendra Bayauw mencoba mengirim bola ke depan gawang. Ada Rodriguez sebetulnya yang dituju. Sayang, striker asal Spanyol tersebut, gagal keluar dari kawal pemain belakang Persija, dan tak sanggup menyambut umpan.

Setelah kecolongan satu gol pada menit ke-17, gawang Mitra Kukar hampir jebol pada menit ke-21. Simic mencoba menggandakan kedudukan Persija lewat sundulannya. Namun tandukan pemain asal Kroasia itu, membuat bola melambung ke atas gawang. Di menit ke-27, perlawanan dari Mitra Kukar berusaha membalas. Sepakan spekulasi dari Dedi Hartono akurat ke arah gawang. Akan tetapi kiper Andritany Ardhiyasa berhasil mengantisipasi. Sampai setengah jam pertandingan, Persija tetap unggul 1-0.

Pada menit ke-33, giliran Rohit Chand yang mencoba peruntungan. Sepakan datarnya dari areal kotak 16 mengarahkan bola ke gawang Mitra Kukar. Beruntung kiper Jae-hoon, karena bola hanya membentur tiang gawang. Tekanan kepada Naga Mekes berlanjut pada menit ke-37. Tendangan kaki kiri Reinan Silva dari areal 16 akurat mengarahkan bola ke gawang. Namun kiper Jae-hoon tak mau kebobolan. Aksi penjaga gawang asal Korea Selatan (Korsel) itu, berhasil menepis bola.

Sampai menit ke-40, Persija masih unggul. Para pemain Mitra Kukar yang mencoba menyamakan kedudukan, namun lini belakang Persija memang disiplin menjaga pertahanan. Situasi tersebut membuat para penggawa depan Naga Mekas mengandalkan tendangan-tendangan spekluasi dari luar kotak penalti. Sayang usaha menyamakan kedudukan, tak ada yang berhasil menjadi gol.

Para pemain depan Persija, pun sama-sama buntu untuk memperbanyak jumlah gol. Sampai menit ke-45, skor 1-0 tetap. Wasit memberikan tambahan waktu dua menit. Namun tetap tak ada lagi gol yang terjadi. Sampai wasit minta minum, babak pertama ditutup dengan skor 1-0.

Pekan final bukan cuma milik Persija dan Mitra Kukar. Di pertandingan pekan ke-34 lainnya, PSM Makassar menutup babak pertama dengan skor 4-0 atas PSMS Medan di stadion Andi Mattalatta. Sedangkan Arema FC sementara ini tertinggal 0-1 saat menjamu  Sriwijaya FC di stadion Kanjuruhan. Mengejutkan laga di stadion Segiri, Borneo FC tertinggal 0-1 dari PS Tira, dan Persipura Jayapura tertinggal 0-1 dari Perseru Serui.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA