Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Ini Tiga Kandidat Pemain Terbaik Liga 1 2018

Kamis 06 Dec 2018 16:50 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Pesepak bola Perseru, Makarius Fredik Suruan (kiri) berusaha menghadang pesepak bola Persija Jakarta, Rohit Chand (kanan) pada laga lanjutan Liga 1, di Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/10).

Pesepak bola Perseru, Makarius Fredik Suruan (kiri) berusaha menghadang pesepak bola Persija Jakarta, Rohit Chand (kanan) pada laga lanjutan Liga 1, di Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/10).

Foto: Antara/Risky Andrianto
Kategori pemain terbaik sayangnya tak ada dari dalam negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator kompetisi sepak bola nasional, Liga Indonesia Baru (LIB) mencatat tiga nama kandidat pemain terbaik Liga 1 2018. Tahun lalu, pemain terbaik Liga 1 2017 didapuk kepada Paulo Sergio Goncalves dari Bhayangkara FC. Musim ini, namanya tak lagi ada dalam daftar kandidat.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) bekerja sama dengan Technical Study Grup (TSG) dalam menjaring nama-nama terbaik di kompetisi saat ini, Kamis (6/12). Kategori pemain terbaik sayangnya tak ada dari dalam negeri.

Tiga nama yang menjadi kandidat musim ini, salah satunya Rohit Chand dari Persija Jakarta. Satu nama musim lalu yang kembali hadir dalam daftar kandidat tahun ini, yakni Willem Jan Pluim dari PSM Makassar. Satu nama kandidat lainnya, David da Silva, milik Persebaya Surabaya yang sampai pekan ke-33, sudah mencatatkan 20 gol dan menjadikannya sebagai top skorer Liga 1.

photo

Gelandang serang PSM Makassar Willem Jan Pluim (tengah) berusaha melewati pesepak bola Persija Jakarta Gunawan Dwi Cahyo (kanan) dan Rizki Ramdani Lestaluhu (kiri) dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (16/11)

Selain menyorongkan kandidat pemain terbaik, LIB atas penilaian TSG hanya mengakomodasi pemain-pemain lokal lewat para calon pemain muda terbaik. Tiga nama kandidat penggawa muda terbaik di L1ga 1 2018, dua di antaranya merupakan para penggawa timnas Indonesia U-23, yaitu Hansamu Yama Pranata, pemain belakang milik Barito Putera dan Febri Haryadi gelandang sayap milik Persib Bandung.

photo

Selebrasi penyeranga Persebaya Surabaya David Aparecido Da Silva pada laga Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (10/11

Satu nama lainnya, yakni gelandang serang milik Persebaya Surabaya, Osvaldo Ardiles Haay. Osvaldo sebetulnya pernah bermain di timnas Indonesia U-23 seperti Hansamu dan Febri. Akan tetapi, namanya sebelum Asian Games 2018 dicoret pelatih Luis Milla Aspas. Milla ketika itu lebih memilih Irfan Jaya yang juga dari Persebaya untuk bergabung dalam skuat Garuda.

Nama-nama kandidat terbaik musim ini akan ditentukan pada akhir Liga 1. Saat ini, Liga 1 sudah memasuki pekan final pada Sabtu (8/12) dan Ahad (9/12). Menengok musim lalu, anugerah pelatih, pemain, dan penggawa muda terbaik Liga 1, digelar pada pertengahan Desember di Jakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA