Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Sunday, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 December 2018

Muhammad Supriadi Terbang ke Liverpool, Belajar Sepak Bola

Ahad 18 Nov 2018 13:03 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hazliansyah

Mochammad Supriadi (kiri) berusaha melepaskan tendangan melewati hadangan pesepak bola Malaysia U-16 Mohamad IkhwanMohd Hafizd (kanan) pada laga semifinal Piala AFF U-16

Mochammad Supriadi (kiri) berusaha melepaskan tendangan melewati hadangan pesepak bola Malaysia U-16 Mohamad IkhwanMohd Hafizd (kanan) pada laga semifinal Piala AFF U-16

Foto: M Risyal Hidayat/Antara
Muhammad Supriadi berangkat bersama sembilan anak Surabaya lainnya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- 10 anak berbakat di bidang sepak bola asal Surabaya diberangkatkan menuju Liverpool, Inggris, untuk belajar dan mendalami dunia si kulit bundar pada Ahad (18/11). Salah satu dari sepuluh anak yang diberangkatkan merupakan gelandang Timnas Indonesia U-16 Muhammad Supriadi. Kesemua anak tersebut diberangkatkan setelah menjalani serangkaian seleksi.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, nantinya Supriadi bersama sembilan anak berbakat lain, bakal mendapatkan coaching clinic sepak bola di Liverpool – Inggris, selama dua pekan. Ia berharap, anak-anak dapat materi pelatihan dan pemeriksaan fisik yang lengkap selama di Liverpool.

"Kita berharap anak-anak ini kalau memang bagus, bisa menjadi pemain sepak bola Internasional. Itu mimpi kita. Bukan hanya untuk Indonesia tapi juga dunia," ujar Risma di Surabaya, Ahad (18/11).

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu juga berharap, anak-anak ke depannya bisa mengharumkan nama bangsa, khususnya Kota Surabaya. Sehingga program kerja sama sister city antara Surabaya dengan Liverpool benar-benar membawa manfaat bagi anak-anak Surabaya.

"Kita memang ingin ke depan anak-anak ini bisa mengibarkan bendera Merah Putih di persepakbolaan dunia," ujar Risma.

Perempuan kelahiran Kediri itu pun berencana menyekolahkan anak-anak tersebut, untuk bisa terus menerus menimba ilmu dan mengembangkan bakat sepak bolanya di Liverpool. Rencana itu akan ditentukan setelah anak-anak tersebut menjalani pelatihan selama dua pekan di sana. Artinya, setelah pihak dari Liverpool menilai bagaimana perkembangan anak-anak tersebut selama berlatih di sana.

"Nanti kalau penilaian mereka (Liverpool) bagus, saya akan cari uang untuk sekolahkan anak-anak ini untuk bisa kelanjutan sepak bola dia," kata Risma.

Risma menyatakan, jika dimungkinkan program tersebut bakal dilanjutkan tahun depan. Namun Risma masih akan melihat dan melakukan evaluasi bagaimana perkembangan anak-anak tersebut selama berlatih di Liverpool.

"Kita berharap satu tahun sekali, tapi nanti kita lihat," kata Risma.

Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar mengatakan, dalam dua pekan ke depan anak-anak akan dilatih berbagai macam materi tentang sepak bola. Ia berharap kepada Supriadi dan sembilan anak tersebut, ke depannya bisa membawa nama harum sepak bola Surabaya.

"Suatu hari nanti, saya berharap Surabaya dapat memenangkan kejuaraan sepak bola dan Timnas Indonesia, dapat menjadi juara piala dunia,” kata Garry.

Menurut Garry, apapun di dunia ini bisa saja terjadi. Apalagi Kota Surabaya memiliki sosok pemimpin yang hebat, seperti Risma. "Saya pikir Kota Surabaya bisa melakukan hal-hal yang menakjubkan, dan Indonesia juga pastinya bisa," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES