Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Indonesia Dinilai Mudah Lolos Grup Jika Kalahkan Filipina

Kamis 08 Nov 2018 21:25 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Indonesia berada di Grup B di Piala AFF 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berada di Grup B di ajang Piala AFF 2018 bersama Thailand, Filipina, Singapura dan Timor Leste. Dari seluruh pesaing timnas, Simon McMenemy menilai Indonesia, Thailand dan Filipina sebagai tim yang berpeluang besar untuk lolos. Adapun dua negara peserta lainnya, Singapura dan Timor Leste, menurut Simon kecil peluang lolos dari fase grup.

Simon yang kini melatih di Liga 1 Indonesia bersama Bhayangkara FC menganalisa, persaingan ketat memang ada di Grup B.

"Saya pikir yang paling akan bersaing sengit itu dari Grup B. Thailand, Indonesia, dan Filipina akan melewati persaingan tiga arah," kata dia seperti dikutip dari the New Paper, Kamis (8/11).

Namun kata dia, di Piala AFF hanya mengantarkan dua tim dari masing-masing grup untuk tembus semifinal. Artinya, kata dia, persaingan di Grup B hanya akan menghasilkan dua tim terbaik yang akan lolos ke babak empat besar.

Mantan pelatih tim nasional Filipina ini menilai Indonesia akan lolos, minimal sebagai runner up jika berhasil mengalahkan Filipina.

"Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Singapura dan Timor Leste, Indonesia bisa mengalahkan mereka. Jika Indonesia berhasil mengalahkan Filipina, sudah pasti lolos (fase grup)," ujar dia.

Indonesia dan Thailand menjadi tim yang Simon prediksi lolos fase grup, dan mampu melewati babak semifinal. Bahkan pelatih asal Skotlandia itu melihat peluang Garuda dan Gajah Perang, kembali bertemu di babak final.

Pelatih 40 tahun itu mengatakan, melihat rekam tanding dan permainan Indonesia dan Thailand sebelum gelaran Piala AFF, dua tim tersebut membukukan hasil yang siginifikan.

Thailand, tim yang paling sering juara Piala AFF, baru-baru ini berhasil melewati penyisihan grup kualifikasi Piala Dunia zona Asia, sedangkan timnas Indonesia saat ini dalam performa terbaik setelah pelatih asal Spanyol, Luis Milla Aspas memoles gaya bermain yang lebih baik.

Adapun timnas Filipina, sebetulnya menurut Simon menjadi pesaing ketat antara Indonesia dan Thailand karena hadirnya seorang pelatih kelas dunia Sven Goran Eriksson. Menurut Simon, mantan pelatih timnas Inggris tersebut memunculkan ambisi bagi timnas Filipina. Hanya, menurut dia skuat berjuluk the Azkals tersebut bakal sebagai juru kunci.

"Tekanan sekarang ada di Filipina setelah kedatangan Eriksson," sambung dia.

Indonesia di laga perdana, akan menghadapi timnas Singapura di stadion National, Kallang. Usai melawan Singapura, timnas Indonesia akan main kandang menjamu Timor Leste, di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, (13/11).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB