Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Pelatih Taiwan Setahun Pantau Permainan Timnas Indonesia

Rabu 17 Oct 2018 17:43 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Pelatih timnas U-19 Taiwan, Vom Ca Nhum.

Pelatih timnas U-19 Taiwan, Vom Ca Nhum.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Vom Ca Nhum bahkan paham jika pemain Indonesia selalu bersujud usai mencetak gol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Cina Taipei U-19 Vom Ca Nhum tidak mau menilai secara gamblang soal permainan Egy Maulana Vikri cs. Yang pasti, menurutnya, dalam pemantauannya selama satu tahun belakangan melihat tayangan video timnas Indonesia berlaga, pelatih dan pemain menunjukkan loyalitas terhadap sepak bola.

Timnas sepak bola Indonesia U-19 akan menghadapi Cina Taipei U-19 di laga penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pada Kamis (18/10).

"Setahun ini saya sering menonton permainan Indonesia. Dan setiap kali mereka mencetak gol, mereka selalu bersujud. Itu untuk membuktikan bahwa mereka sangat mencintai sepak bola dan negaranya," ujar Vom Ca Nhum saat konfrensi pers pralaga di GBK Jakarta, Rabu (17/10). 

Vom Ca Nhum juga mengakui loyaliatas para suporter Garuda yang dikatakannya akan memengaruhi jalannya pertandingan. Menurutnya, dukungan penuh supoter timnas sudah membuat Indonesia unggul atas timnya di laga nanti.

"Satu yang saya ketahui dari timnas Indonesia, bahwa tim ini berasal dari negara yang sangat besar dan punya suporter yang sangat cinta dengan timnasnya," kata dia. 

(Baca juga: Timnas U-19 Antisipasi Bola Mati)

Vom mengakui, selama setahun ini ia memantau kemajuan permainan sepak bola Indonesia. Paling membuatnya takjub yakni soal loyalitas suporter.

Vom berharap sokongan suporter Indonesia bukan cuma menjadi motivasi bagi para pemain tim tuan rumah. Namun menjadi pelajaran berharga bagi para penggawa mudanya mengatasi atmosfer pertandingan yang dijejali para pendukung lawan.

Sebab kata dia, selama melatih skuat muda Cina Taipei, timnya tak pernah ditonton lebih dari ratusan orang.

"Di Taiwan, didukung seratus suporter saja itu sudah bagus. Di sini (GBK) saya tahu besok orang-orang akan banyak sekali yang menonton. Itu sangat bagus bagi tim saya untuk tetap mampu berjuang sampai menit-menit penghabisan," sambung dia.

Menurut Vom, laga perdana melawan timnas Indonesia akan menjadi pengalaman berharga bagi Cina Taipei.

Lihat jadwal timnas U-19 di Piala AFC U-19:

photo

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA