Selasa, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Selasa, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

LIB Izinkan Persib Gunakan Stadion Mandala Jayapura

Kamis 04 Okt 2018 19:27 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Bobotoh alias pendukung Persib berbincang di depan mural Persib di Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/10).

Bobotoh alias pendukung Persib berbincang di depan mural Persib di Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/10).

Foto: Antara/Novrian Arbi
Yang terpenting Persib memainkan laga hukuman di luar Pulau Jawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator kompetisi sepak bola nasional, Liga Indonesia Baru (LIB) mengizinkan Persib Bandung menggunakan stadion Mandala di Papua Jayapura sebagai lokasi laga menghadapi Madura United FC.

Direktur LIB bidang kompetisi, Risha Adiwijaya mengatakan, yang penting kesebelasan Maung Bandung menjalani hukuman larangan bermain di Pulau Jawa.

"Persib tentu memiliki pertimbangan sendiri memilih stadion Mandala untuk menjalani hukuman. Kami akan mengizinkan. Tidak ada masalah itu," kata Risha kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/10).

Kata dia, pemilihan stadion Mandala yang ada di Papua, sudah sesuai dengan hukuman laga usiran yang harus dihadapi Persib.

Persib akan melanjutkan laga pekan ke-24 Liga 1 2018 dengan menghadapi Madura United, pada Senin (8/10). Status laga tersebut merupakan laga kandang Maung Bandung. Persib terpaksa menjadikan stadion Mandala sebagai lokasi laga kandang lantaran status kesebelasan tersebut yang dalam masa menjalani hukuman.

Senin (1/10), Persib menerima hukuman berat dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupa laga kandang usiran di luar Pulau Jawa. Hukuman tersebut sebagai sanksi terhadap Persib atas insiden tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila yang tewas sesaat sebelum laga kedua kesebelasan pada pekan ke-23 Liga 1, di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Ahad (23/9).  

Persib harus menjalani laga kandang usiran sampai akhir musim Liga 1 2018. Persib baru boleh bermain di kandangnya sendiri pada awal musim Liga 1 2019. Namun selama menjalani laga usiran, sampai pertengahan musim 2019, Persib dilarang tampil bertanding ditemani penonton dan suporter sampai pertengahan musim Liga 1 2019.

Semula laga kandang usiran terhadap Persib tersebut berlokasi di Kalimantan. Akan tetapi, Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, laga usiran Persib Bandung tak harus di Kalimantan. Yang penting, kata dia, harus berada di luar Pulau Jawa.

Pelatih Persib Mario Gomez, Kamis (4/10), memastikan laga kandang usiran pertama timnya, Senin (8/10) di stadion Mandala di Papua Jayapura. Pelatih asal Argentina tersebut beralasan, karena pada laga pekan ke-25, timnya akan melakoni laga tandang melawan Persipura Jayapura, pada Senin (15/10).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA