Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Kalahkan PSIS, Persija Puncaki Klasemen Liga 1

Jumat 20 April 2018 17:28 WIB

Red: Israr Itah

PSIS vs Persija

PSIS vs Persija

Foto: Liga Indonesia
Ini merupakan kemenangan tandang perdana Persija di Liga 1 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Persija Jakarta berhasil memetik kemenangan tandang perdana pada kompetisi Liga 1. Macan Kemayoran menaklukkan PSIS Semarang 4-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (20/4).

Persija unggul lewat gol Jaimerson Xavier, Marko Simic, Ramdani Lestaluhu, serta bunuh diri Safrudin Tahar. PSIS membalas lewat tandukan Malcior Majefat.

Hasil ini membuat Persija memuncaki klasemen sementara dengan nilai 10 dari lima laga. Sementara itu, PSIS merosot ke posisi 13 dengan nilai lima.

Jalannya laga

Status sebagai tim tamu tak mencegah Persija Jakarta bermain menyerang. Sejak awal, Macan Kemayoran berusaha menciptakan peluang demi peluang.

Kesempatan terbaik Persija hadir pada pertengahan babak pertama lewat Marko Simic. Menerima bola di sisi kanan area penalti, Simic melepas tendangan kaki kiri. Namun, bola tepat mengarah ke pelukan kiper Aji Bayu Putra.

Riko Simanjuntak yang berdiri bebas di sebelah kanan tampak kecewa. Sebab, ia berada dalam posisi lebih ideal untuk melepas tendangan.

Menit ke-35, Fitra Ridwan mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola masih melenceng di sudut kanan gawang PSIS.

Persija nyaris membuka skor pada menit ke-44 lewat aksi Simic. Striker asal Kroasia tersebut melewati satu pemain belakang sebelum melepaskan tembakan keras yang masih bisa diblok Aji Bayu.

Tuan rumah yang pada laga sebelumnya menang telak 4-1 atas PSMS Medan merapatkan pertahanan dan lebih mengandalkan serangan balik yang bertumpu kepada Bruno Silva. Strategi ini berhasil mencegah gawang Mahesa Jenar dari kebobolan pada babak pertama.

Pelatih Persija Stefano 'Teco' Cugurra kemudian memasukkan Ramdani Lestaluhu menggantikan Marko Kabiay. Ramdani langsung mengancam PSIS pada menit ke-46. Lepas dari sisi kanan pertahanan tuan rumah, Ramdani melepaskan tendangan keras. Namaun, bola berbelok menyamping ke sisi gawang PSIS setelah mengenai badan Aji Bayu yang menutup sudut tembakan Ramdani.

Persija kembali mendapatkan peluang dua menit berselang, tetapi sepakan Jaimerson Xavier terlalu lemah. Serangan Persija makin gencar, tetapi tak ada yang benar-benar membahayakan.

Teco kemudian menambah kekuatan lini depan dengan memasukkan Addison Alves menggantikan Fitra Ridwan pada menit ke-59. Dua menit berselang Addison mendapatkan peluang pertama, tetapi sepakannya ditangkap Aji Bayu. 

PSIS yang berusaha keluar mendapatkan kesempatan melalui Bayu Utomo. Namun, tendangannya pada menit ke-63 melambung di atas gawang Andritany Ardhiyasa.

Persija akhirnya membuka skor pada menit ke-70. Sundulan Jaimerson dari bola mati membobol gawang Aji Bayu.

Pelatih PSIS Vincenzo Alberto Annese merespons gol Persija dengan menarik Bayu Nugroho dan memasukkan Akhlidin pada menit ke-72. PSIS mendapatkan peluang melalui tendangan bebas pada menit ke-73. Namun, sepakan melengkung Bruno Silva masih bisa digagalkan Andritany. 

Persija menambah gol melalui bunuh diri Safrudin Tahar pada menit ke-81. Tendangan Riko Simanjuntak yang berusaha ditahannya justru berubah arah dan mengecoh Aji Bayu yang sudah bergerak menjemput bola.

Persija memperbesar skor lewat Simic pada menit ke-84. Macan Kemayoran sebenarnya dapat menggenapkan skor menjadi 4-0 pada menit ke-88. Namun, dari situasi kemelut, tendangan Ramdani yang berdiri bebas di kotak penalti masih mengenai dada pemain PSIS dan melenceng.

Ramdani akhirnya menjebol gawang PSIS lewat tandukannya pada menit pertama injury time. Dua menit berselang, PSIS mendapatkan gol hiburan melalui tandukan Malcior Majefat.

Susunan Pemain

PSIS Semarang XI: 33-Aji Bayu; 23-Gilang G., 5-Haudi A., 17-M.Rio, 27-Safrudin T.; 24-Hafit Ibrahim, 55-Ibrahim Conteh; 10-Komarudin, 92-Bayu Nugroho, 22-Hari N. Yulianto; 91-Bruno Silva.

Persija Jakarta XI: 26-Andritany Ardhiyasa; 21-Valentino Telaubun, 5-Jaimerson Xavier, 81-Vava Mario Yagalo, 17-Marco Kabiay; 16-Asri Akbar, 32-Rohit Chand, 27-Fitra Ridwan; 25-Riko Simanjuntak, 11-Novri Setiawan, 9-Marko Simic.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES