Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Para Pemain Persib Dituntut untuk Tingkatkan Stamina

Selasa 13 Maret 2018 17:27 WIB

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez (kanan) bersama para asisten pelatih di hadapan para pemain Persib saat berlatih fisik di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (5/3).

Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez (kanan) bersama para asisten pelatih di hadapan para pemain Persib saat berlatih fisik di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (5/3).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Gomez mengeluhkan kelemahan para pemainnya yang kurang dalam memanfaatkan peluang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemain Persib Bandung dituntut sang pelatih Mario Gomez untuk memiliki mobilitas yang tinggi di lapangan. Sebagai juru taktik, Gomez tidak ingin anak asuhnya hanya cerdik menguasai bola, tetapi juga bisa mempertahankan stamina selama 90 menit merumput.

"Orang lain mungkin berpikir pemain tidak perlu selalu berlari di tengah pertandingan. Cukup kuasai saja bola dengan baik. Tapi, tidak mungkin pemain bisa menguasai bola tanpa tetap bergerak," ujar Gomez pada Selasa (13/3).

Untuk bisa memetik hasil optimal dalam sebuah laga, Supardics dituntut untuk terus menjaga kondisi fisik agar selalu prima. Untuk itu, dalam sesi latihan, gemblengan fisik terus ditekankan. Salah satunya dengan berlari di lapangan selama 60 menit penuh.

"Kami berlatih mengelilingi lapangan selama 1 jam. Setelah itu, kami buat permainan untuk melatih penguasaan bola," kata bekas pelatih klub Malaysia Johor Darul Tazim.

Menurut Gomez, dalam pertandingan yang akan dihadapi Maung Bandung, pemain akan menjalani pertandingan selama 90 menit. Karena itu, pemain juga butuh mempersiapkan diri berlari selama 90 menit. "Jika tidak bisa berlari selama 90 menit, artinya tidak memiliki persiapan yang baik," kata dia.

Penggawa Pangeran Biru pun dilatih dengan berlari dalam jarak 100 meter, 200 meter, dan 500 meter sebagai persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2018 yang akan segera bergulir.

Sebelumnya, Gomez mengeluhkan kelemahan para pemainnya yang kurang baik dalam memanfaatkan peluang menjadi gol. Untuk itu, para pemain terus dilatih dalam menjaga kepemilikan bola serta ketajaman serangan. Namun kini materi latihan terus ditambah menjadi penguatan stamina, mengingat liga kasta tertinggi di Tanah Air akan dimulai pada 23 Maret mendatang.

Untuk terus menjaga performa para pasukannya, Gomez ingin menjadikan lapangan Siliwangi sebagai lokasi latihan sehari hari. Baginya, lapangan milik Kodam III/Siliwangi tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni dan cukup baik untuk lokasi latihan.

Selain Stadion Siliwangi, Gomez juga ingin menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Meski demikian, stadion berkapasitas 38 ribu penonton tersebut rencananya hanya akan digunakan sesekali. "Ya, sebelumnya, kami tidak bisa latihan di sana karena sedang ada perbaikan. Kami masih bisa pakai GBLA, tapi tidak setiap hari," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketika Belgia Benamkan Tunisia

Ahad , 24 Juni 2018, 11:38 WIB