Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

'Peserta Sepak Bola Asian Games 2018 Sekitar 29 Negara'

Selasa 02 Jan 2018 20:38 WIB

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita

Gatot S Dewa Broto

Gatot S Dewa Broto

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Cabor sepak bola akan diikuti negara-negara dengan tradisi sepak bola kuat di Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) memproyeksikan negara peserta cabang olahraga (cabor) sepak bola tak jauh beda dari gelaran serupa di Incheon, Korea Selatan (Korsel) 2014. Pada Asian Games di Korsel empat tahun lalu, tercatat ada 29 negara yang ambil bagian dalam cabang sepak bola. 

Wakil Ketua II Inasgoc Gatot Dewa Broto mengatakan, dalam gelaran multicabang sepak bola merupakan salah satu cabor dengan partisipasi paling banyak. Termasuk pada Asian Games, yang diikuti negara-negara anggota Komite Olimpiade Asia (OCA). 

“Kemungkinan akan sama seperti saat di Asian Games Incheon 2014,” kata Gatot saat ditemui di Kemenpora, Jakarta, pada Selasa (2/1). 

Pada Asian Games di Indonesia tahun ini, Gatot menerangkan, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Inasgoc akan menentukan negara-negara yang berpartisipasi pada cabor sepak bola. Dalam penentuan tersebut, ia menerangkan, KOI dan Inasgoc mempertimbangkan negara-negara dengan reputasi tinggi terkait cabor yang dipertandingkan. 

Namun, Gatot belum mau membeberkan negara-negara mana yang diundang.  Tapi, dia menyatakan, jumlah negara yang ikut dalam cabor sepak bola sudah terbaca saat pertemuan delegasi OCA pada tahun lalu. Dalam pertemuan itu, hadir delegasi dari negara-negara dengan tradisi sepak bola kuat di Asia. 

Jumlah negara peserta Asian Games ini menjadi penting sebagai acuan target medali yang diinginkan. Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) sudah menargetkan timnas Garuda Indonesia menembus empat besar dan tampil di babak semifinal Asian Games. 

Target yang diinginkan PSSI tersebut masih sulit diukur sebelum ada kepastian berapa jumlah peserta sepak bola dalam Asian Games. Jika KOI dan Inasgoc menjadikan Asian Games 2014 sebagai acuan dalam cabor sepak bola maka gelaran ketika itu menghadirkan sebanyak 29 negara peserta. 

Indonesia ketika itu kandas dibabak 16 besar dari Korea Utara (Korut) dan mengakhiri posisi di peringkat ke-11. Tuan rumah, Korsel, menjadi juara dengan meraih medali emas. Korut meraih peringkat kedua dengan medali perak sedangkan Irak sebagai peraih perunggu.

Asian Games di Indonesia tahun ini bakal diikuti oleh tak kurang dari 45 negara Asia. Jumlah cabor yang dipertandingkan tak kurang dari 40 cabor. 

Sebelum Asian Games dimulai Agustus mendatang, Inasgoc dan KOI juga meminta PSSI menurunkan skuat timnas Garuda Indonesia untuk mengikuti test event Asian Games pada Februari mendatang. Sekerataris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria pernah mengatakan, Inasgoc dan KOI mengusulkan mengundang tujuh negara dalam test event tersebut.

Tujuh negara itu, yakni Korsel, Cina dan Vietnam. Selain itu, ada juga Qatar, serta Arab Saudi, serta Yordania. Namun sampai hari ini, PSSI belum mengkonfirmasi berapa jumlah negara yang dipastikan ikut gelaran pemanasan sebelum pesta olahraga terakbar di benua Asia tersebut.

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

REKOR

ASIAN GAMES 2018

No Negara G S B T
1 China 132 92 65 289
2 Japan 75 56 74 205
3 South Korea 49 58 70 177
4 Indonesia 31 24 43 98
5 Uzbekistan 21 24 25 70
 
Terpopuler
 
Terkomentari