Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Timnas Indonesia Mulai Latihan di GBK Pekan Depan

Selasa 02 Jan 2018 18:19 WIB

Rep: Bambang Noroyono / Red: Ratna Puspita

Penyerang timnas Indonesia, Ilija Spasojevic (kiri) beraksi saat menghadapi Mongolia pada turnamen Aceh World Solidarity Cup (AWSC) 2017.

Penyerang timnas Indonesia, Ilija Spasojevic (kiri) beraksi saat menghadapi Mongolia pada turnamen Aceh World Solidarity Cup (AWSC) 2017.

Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tim nasional Indonesia mulai akan menggunakan fasilitas Gelora Bung Karno (GBK) pada pekan depan. Tepatnya pada 11 Januari, para penggawa asuhan Luis Milla Aspas sudah mulai akan latihan di Lapangan A,B,C, kawasan GBK, sebagai persiapan menjamu Islandia pada Ahad (14/1).

Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, federasi pun sudah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah terkait penggunaan fasilitas GBK. Terutama untuk menjajal kebolehan melawan Islandia. “Tuan rumahnya di sana (GBK) kan Kemenpu PR. Komunikasi informalnya sudah disetujui. Tinggal kami menunggu surat resminya saja,” ujar dia saat ditemui di markas PSSI di Jakarta, Selasa (2/1).

Menjamu Islandia akan menjadi pertandingan perdana di GBK setelah stadion yang dibangun sejak 1962 itu dipugar. Pemugaran selama 2017 itu dilakukan sebagai persiapan menjadi tuan rumah utama Asian Games 2018, Agustus mendatang. Negara menghabiskan dana tak kurang dari Rp 769 miliar dalam pemugaran stadion terbesar di Asia Tenggara itu.

Terkait menjamu Islandia tersebut, PSSI memang sudah merencanakannya sejak November 2017. Islandia, Ratu menerangkan, sudah tiba di Jakarta, pada Ahad (7/1). Islandia akan melakoni dua kali pertandingan selama bertanding di Indonesia. 

Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, pada Kamis (7/1). Laga tersebut PSSI akan menurunkan skuat Indonesia Selection. Tim tersebut, yaitu kesebelasan nasional yang terbentuk dari hasil poling masyarakat dan suporter timnas Indonesia

Pemilihan pemain Indonesia Selection tersebut sudah dilakukan sejak 28 Desember dan akan ditutup pada Kamis (4/1). Sampai Selasa (2/1), laman resmi PSSI menunjukkan hasil poling suporter yang meminta nama-nama penggawa senior Garuda turun lapangan saat menjamu Islandia. 

Para pemain senior tersebut, di antaranya Boas Solossa, Greg Nwokolo dan Ferdinand Sinaga. Hamka Hamzah dan Achmad Jufriyanto juga masih tertinggi dalam poling tersebut. Nama-nama seperti Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly dan Abduh Lestaluhu juga besar peluang terpilih dalam Indonesian Selection. PSSI mempercayakan pelatih terbaik Liga 1, Simon McMenemy dari Bhayangkara FC, untuk mengarsiteki tim ini. 

Pada pertandingan kedua, Islandia akan melawan timnas kombinasi Garuda Indonesia. Tim asuhan Luis Milla Aspas ini, yaitu gabungan antara barisan skuat U-23 ditambah tiga penggawa senior. Asisten pelatih timnas Garuda, Bima Sakti Tukiman, kepada Republika pernah menyampaikan, tim ini merupakan para penggawa yang Milla bawa saat Piala Solidaritas Aceh 2017. 

Tiga pemain senior dalam tim ini, yakni Ilija Spasojevic, dan Andik Vermansyah, serta Andritany Ardhiyasa. Sedangkan dari barisan U-23, mayoritas para penggawa yang Milla andalkan saat SEA Games 2017. Skuat kombinasi tersebut diproyeksikan oleh Milla menjadi tim Merah Putih untuk Asian Games mendatang.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA