Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Kirim Surat ke Menpora, FIFA Ancam Sanksi Indonesia

Sabtu 11 Apr 2015 19:19 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: M Akbar

surat fifa buat menpora

surat fifa buat menpora

Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dikeluarkannnya rekomendasi Arema Cronus dan Persebaya untuk mengikuti kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 membuat induk sepak bola dunia, fifa melayangkan surat kepada Kementrian Pemuda dan Olahraga (Ke menpora ). Dalam surat yang tujukan pada Menpora Imam Nahrawi, tertanggal, Jumat (10/4) itu, FIFA mengancam akan menjatuhi sanksi kepada Indonesia.

Surat yang dibuat atas nama Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIFA, Jerome Valcke, itu meminta agar Kemenpora tidak mengintervensi pssi sebagai induk sepak bola tertinggi di Indonesia. Kemudian, Valcke juga mengingatkan bahwa langkah yang dibuat Menpora dan Badan Olahraga Profesional Indonesia ( bopi ) memberikan sejumlah persyaratan dalam proses verifikasi menyalahi statuta FIFA.

"Sehubungan dengan keikutsertaan klub di ISL musim 2015, kami menginformasikan kepada Anda (Kemenpora) semua anggota FIFA harus mengelola urusan mereka sendiri secara independen dan tanpa pengaruh pihak ketiga yang jelas diatur dalam pasal 13 dan 17 statuta FIFA," demikian isi surat terbuka FIFA itu.

Tidak hanya itu, FIFA juga menyatakan jika BOPI tidak berhak untuk memberikan kriteria kepada klub ISL. Sebab hanya federasi yang mendapatkan lisensi saja yang berhak memberikan kriteria, Sementara BOPI tidak memiliki lisensi dari FIFA. Maka dengan demikian Indonesia melanggar pasal 13 dan 17 dalam statuta FIFA.

Kemudian FIFA juga memperingatkan agar kisruh sepak bola Indonesia yang melibatkan PSSI, Menpora dan BOPI agar cepat terselesaikan. Pada akhir surat itu, FIFA mengancam akan menjatuhkan sanksi Jika konflik Kemenpora dan PSSI masih berlanjut.

"Maka dari itu, kami dengan hormat meminta lembaga Anda dan/atau BOPI menahan diri mencampuri urusan PSSI yang memungkinkan PSSI memenuhi kewajibannya sebagai anggota FIFA.

Apabila tidak bisa melakukannya maka kami tidak punya pilihan lain selain mempertimbangkan kemungkinan memberikan sanksi kepada PSSI," begitu paragraf terakhir surat tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA