Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Thursday, 15 Zulqaidah 1440 / 18 July 2019

Persib Bandung Menang Tipis Atas Sriwijaya FC

Ahad 02 Feb 2014 18:08 WIB

Red: Fernan Rahadi

Logo Persib Bandung

Logo Persib Bandung

Foto: twitter

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung sukses meraih tiga poin pada laga kandang perdana mereka di Indonesia Super League (ISL) 2014 usai mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0. Gol semata wayang Maung Bandung pada laga itu dicetak pemain asingnya Makan Konate lewat tendangan penalti.

Persib langsung mengurung pertahanan Sriwijaya FC dan itu terbukti ketika Tony Sucipto mengirim umpan dan bola terbentur tangan bek lawan namun wasit tidak menganggapnya sebagai handsball.

Semenit kemudian Persib membobol gawang tim tamu lewat umpan terukur Makan Konate yang menemui Ferdinand Sinaga akan tetapi ternyata rekrutan baru Maung Bandung itu sudah terperangkap jebakan offside. Menit ke delapan, Hariono mempunyai peluang setalah berdiri bebas dan bola menghampirinya tetapi bola sepakannya masih melambung.

Memasuki sepertiga babak pertama, Makan Konate menggiring bola di daerah kanan pertahanan Sriwijaya, ia melakukan gerak tipu dan menendang bola dengan keras akan tetapi upayanya masih bisa digagalkan Fauzi Toldo.

Peluang emas kembali didapat Persib saat Atep dilanggarp Vendry Mofu dan berbuah tendangan bebas tepat di depan gawang. Tendangan Makan Konate melewati pagar betis Sriwijaya dan juga Toldo namun bola justru terpantul tiang gawang.Hingga babak pertama selesai, Persib ditahan imbang tamunya dengan skor 0-0.

Memasuki menit 50, Syamsir Alam mendapatkan bola untuk pertama kalinya akan tetapi ia langsung dijegal Hariono, Tendangan bebas pun dilakukan tetapi bola eksekusi Mofu bisa diantisipasi dengan baik oleh I Made Wirawan. Menit 61, performa buruk Samsir Alam akhirnya disadari oleh pelatih Sriwijaya, Subangkit dan eks pemain DC United itu digantikan dengan Rizky Radish.

Menit ke-63, Sriwijaya mulai keluar dari tekanan dan hasilnya mereka punya peluang lewat Oliver Ongfiang yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Ujian itu membuat Made Wirawan kesulitan dan hanya bisa menepis bola tersebut.

Tiga menit berselang Persib kembali mengalami kesialan, bermula dari aksi mengelabui wasit yang dilakukan Ferdinand Sinaga, Persib diberikan tendangan bebas, Atep mengirim bola ke kotak penalti dan bola menemui kepala Achmad Jufriyanto tetapi tandukannya mengenai mistar tiang.

Beberapa saat kemudian, pelatih Djadjang Nurdjaman yang ingin memberikan variasi serangan memasukkan Firman Utina yang menggantikan M. Taufiq,  hanya butuh waktu 10 menit bagi Firman untuk menunjukkan tajinya. Pria yang lahir di Palembang itu mengirim umpan manis ke kaki Makan Konate tetapi tendangan pemain jangkung itu masih melebar tipis dari gawang Toldo. Kartu kuning pertama dikeluarkan wasit untuk Tantan usai melakukan protes keras.

Menit ke-81 Persib mendapatkan hadiah penalti setelah bek Sriwijaya melakukan pelanggaran handsball. Makan Konate yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik dan Maung Bandung unggul 1-0.

Tiga menit kemudian, Persib mengusung skema serangan balik dimana bek Laskar Wong Kito tidak bisa mengejar bola di daerah pertahanan. Tantan mengejar dan Toldo yang menjadi orang terakhir Sriwijaya menekelnya akan tetapi striker Persib itu terlebih dahulu terperangkap jebakan offside dan wasit tidak memberikan kartu merah kepadanya. Menjelang pertandingan berakhir, Persib memasukkan Abdul Rahman guna menggantikan Atep dan skor pun tidak berubah pasca gol Makan Konate.

Susunan Pemain

Persib XI: Made; Vladimir, Jufriyanto, Tony, Supardi; Hariono, Taufiq; Konate, Tantan, Atep; Ferdinand

Sriwijaya FC XI: Toldo; Jeki, Abdoulaye, Khorsadi, Sumardi; Asri, Mofu, Ongfiang; Nabar, Siswanto, Alama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA