Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

PSSI Road Show Cari Punggawa Timnas SEA Games 2013

Senin 26 Mar 2012 15:03 WIB

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PSSI mulai fokus membentuk Timnas U-23 yang dipersiapkan turun pada SEA Games 2013 di Myanmar. Demikian disampaikan Koordinator tim nasional Indonesia, Bob Hippy.

"PSSI akan mencari pemain terbaik dengan melakukan 'road show' guna menyeleksi pemain ke sejumlah klub di Indonesia. Itu karena kami ingin memiliki tim yang benar-benar solid dan kompetitif," katanya ketika dihubungi wartawan di Senin (26/3).

"Seleksi baru akan berakhir tiga bulan. Kami tampil di sejumlah laga besar setiap tiga hari. Ini tentu memerlukan konsentrasi penuh baik secara fisik maupun secara mental belum pelaksanaan SEA Games," katanya.

PSSI mematok medali emas dalam ajang tingkat Asia Tenggara tersebut. PSSI akan melakukan penyeleksian pemain dengan rentang waktu yang relatif panjang. Diperkirakan, seleksi pemain timnas U-23 akan berakhir pada 2013.

Menurut Bob, setelah tahap penyeleksian selesai, para pemain akan dijadwalkan menjalani pemusatan latihan dan melakukan serangkaian uji coba internasional. Beberapa negara telah disiapkan dalam laga uji coba tersebut seperti Korea, Jepang, Cina dan Australia yang diketahui telah menawarkan diri untuk bertanding melawan Indonesia.

Untuk menambah jumlah pemain yang akan diseleksi, menurut dia, tidak menutup kemungkinan PSSI juga akan mencari pemain dari Divisi II dan Divisi I. Selain itu, para pemain yang akan bermain di ajang kualifikasi Piala Asia U-22 juga menjadi incaran PSSI.

Untuk saat ini, menurut Bob, Timnas akan mencoba kekuatan tim Persijap Jepara pada 29 Maret mendatang, di Stadion Bumi Kartini, Jepara. Dalam laga uji coba itu, Timnas dipastikan akan diperkuat pemain-pemain U-23 yang sebelumnya telah tergabung di Timnas.

"Ini pertandingan eksibisi, tapi fungsinya juga sebagai bagian dari pra-seleksi. Jika memang ada yang bagus, nanti bisa dipanggil untuk mengikuti seleksi," ujarnya.

Disinggung tentang kekhawatiran kualitas para penggawa Timnas yang hanya akan dipilih dari tim IPL, Bob menjelaskan jika saat ini masih berusaha agar bisa menyertakan pemain Indonesia Super League (ISL) mengikuti seleksi.

"Kalau dipersiapkan lebih panjang, kami optimis tim akan matang. Ini demi memenuhi target yang dicanangkan," kata mantan pemain Timnas tersebut.

Sementara itu, Pelatih Timnas U-23 adalah Aji Santoso dengan dibantu Widodo C Putro yang saat ini menangani timnas U-21 dan U-22.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA