Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

LPI Muara Polemik Liga Indonesia

Selasa 25 Okt 2011 12:16 WIB

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Didi Purwadi

Liga Prima Indonesia

Liga Prima Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Polemik penyelenggaraan Liga Indonesia ditenggarai akibat peran PT Liga Prima Indonesia (LPI) yang diketuai Widjajanto. PT LPI yang dihuni oleh mantan pengurus Liga Primer Indonesia itu dianggap sengaja “mengkudeta” PT Liga yang sebelumnya jadi pengelola sah Liga Super Indonesia (ISL).

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Tony Apriliani, menjelaskan pihaknya sejak awal menginginkan PT Liga tetap jadi operator Liga Indonesia. Seluruh anggota Komite Eksekutif, kata Tony, sepakat bahwa liga akan tetap berputar dengan mengikuti mekanisme kompetisi musim lalu. Namun, semua kesepakatan ini berubah di tengah jalan setelah PSSI menunjuk Widjajanto sebagai plt Badan Liga.

Penunjukan mantan CEO Liga Primer Indonesia itu dimaksudkan sebagai jembatan antara PSSI dan PT Liga. Namun selang penunjukkan itu, Widjajanto dinilai berjalan sendiri dengan membentuk liga baru.

“Mandat bagi Widja saat itu bukan untuk membentuk pengelola baru, tapi untuk melakukan usaha persuasi dengan PT Liga dan mempersiapkan proses RUPS,” ujar Tony kepada wartawan, Selasa (25/10).

Penunjukkan LPI sebagai pengelola pun dianggap sebagai provokasi bagi klub ISL. Terlebih pasca penunjukkan PT LPI, hasil Liga Super musim lalu dianulir dan klub peserta Liga Primer Indonesia diperkenankan mengikuti kompetisi.

Karena itu, Tony tidak heran bila sejumlah klub melakukan perlawanan. Perlawanan eks klub ISL yang tergabung dalam Kelompok 14 ini dinilainya sebagai konsekuensi akibat keputusan semena-mena PSSI.

“Saya kira tujuan mereka cuma ingin mengegakkan aturan Kongres Bali di mana itu yang kini dilanggar oleh pengurus PSSI,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA