Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Staf Khusus Nurdin Halid Soroti Pemberitaan Televisi

Selasa 08 Mar 2011 15:03 WIB

Red: Didi Purwadi

Nurdin Halid

Nurdin Halid

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Staf Khusus Ketua Umum PSSI menyoroti salah satu media televisi nasional yang menyebutkan informasi kurang tepat soal dasar hukum pelaksanaan Kongres PSSI mendatang. Terutama penyebutan bahwa Kongres PSSI pada 26 Maret 2011 dan Kongres Pemilihan sebelum tanggal 30 April itu tidak lagi menggunakan statuta PSSI, melainkan harus memakai standard statuta FIFA.

"Jadi, tidak tepat kalau informasi yang ditayangkan dalam stasiun televisi tersebut bahwa Kongres PSSI ini harus berdasarkan Standard Statuta FIFA. Yang benar adalah berdasarkan FIFA Standard Electoral Code," kata Staf Khusus Ketua Umum PSSI, Yosef Tor Tulis, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (8/3).

Menurut Yosef, masyarakat perlu melihat kembali tentang instruksi FIFA kepada PSSI. FIFA menginstruksikan PSSI untuk menyelenggarakan Kongres tanggal 26 Maret 2011 guna memilih Komisi Pemilihan dan mengadopsi Electoral Code berdasarkan kepada FIFA Standard Electroral Code.

Yosef menyatakan masyarakat perlu memahami perbedaan antara Standard Statuta FIFA, FIFA Standard Electoral Code dan Statuta PSSI. Standard Statuta FIFA adalah draf pedoman bagi negara anggota FIFA dalam membuat statutanya.

"Secara lebih sederhananya, Standard Statuta FIFA adalah draf dasar yang kemudian PSSI melakukan proses penyempurnaan menjadi Statuta PSSI dengan di bawah arahan FIFA langsung,'' kata Yosef. ''Artinya, setelah Statuta PSSI ini diratifikasi, maka Standard Statuta FIFA sudah tidak digunakan lagi karena sudah bertransformasi menjadi Statuta PSSI.''

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES