Selasa, 15 Syawwal 1440 / 18 Juni 2019

Selasa, 15 Syawwal 1440 / 18 Juni 2019

Thomas Tuchel Bangga Bisa Bawa PSG Juara Ligue 1

Senin 22 Apr 2019 12:21 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Thomas Tuchel

Thomas Tuchel

Foto: AP Photo/Dave Thompson
Ini merupakan gelar prestisius kedua sepanjang karier kepaltihan Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint-Germain (PSG) berhasil mengunci gelar Ligue 1 setelah menggasak AS Monaco dengan skor 3-1 di Stadion Parc de Princes, Senin (22/4) dini hari WIB. Usai laga pelatih PSG Thomas Tuchel merasa bangga telah membawa Les Parisien menjadi kampiun di kompetisi bergengsi Negeri Napoleon.

Baca Juga

"Saya senang melihat tim saya memenangkan Kompetisi Liga Prancis, salah satu yang paling bergengsi di Eropa," kata Tuchel kepada laman resmi klub disadur Four Four Two, Senin (22/4).

Sejatinya, titel juara Ligue 1 sudah dipastikan mendarat ke klub ibu kota mengingat sebelum laga pesaing terdekat PSG, Lille, bermain imbang tanpa gol versus Toulose.

Meski begitu, anak asuh Thomas Tuchel tetap tampil beringas dengan menggilas lawannya, Monaco. Kylian Mbappe mencetak hat-trick dalam kemenangan tersebut, sedangkan satu gol tim tamu hadir melalui Aleksandre Golovin menit ke-80.

Eks juru taktik Borussia Dortmund itu menambahkan, dirinya merasa istimewa bisa merayakan gelar di depan pendukung sendiri. "Rasanya sangat menyenangkan untuk berbagi dengan pendukung kami," sambung Tuchel.

Ini merupakan gelar prestisius kedua sepanjang karier pelatih 45 tahun. Sebelumnya, Tuchel, sukses mengantarkan Dortmund menjadi jawara Bundesliga Jerman musim 2016/2017.

Selain itu, pencapaian ini mencatatkan rekor tersendiri bagi Tuchel. Ia menjadi pelatih asal Jerman pertama yang menjuarai liga domestik Eropa di negara lain, setelah 11 tahun lamanya. Terakhir kali pelatih asal Jerman juara dengan klub di luar Bundesliga adalah Bernd Schuster saat membesut Real Madrid 2007/2008.

Di sisi lain, Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi memberi ucapan terima kasih kepada para pendukung Les Parisien. Dirinya berharap PSG akan terus mempertahankan posisi di kompetisi Ligue 1 dan bersaing di level tertinggi Eropa, Liga Champions.

"Itu menunjukkan betapa pentingnya gelar ini. Kami akan selalu memberikan piala yang dimenangkan di sini di negara sepak bola yang hebat ini," kata Al-Khelaifi. "Saya mengucapkan selamat kepada para pemain, pelatih, staf dan semua orang di klub yang bekerja sangat keras di belakang layar."

Keberhasilan ini merupakan gelar keenam PSG dalam tujuh musim terakhir dan kedelapan dalam sejarah klub. PSG masih kalah dengan Olympique Marseille yang meraih 9 gelar dan Saint Ettiene yang mengoleksi 10 trofi Ligue 1.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA