Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Arturo Vidal Selamatkan Skema Valverde

Jumat 04 Oct 2019 09:29 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Arturo Vidal

Arturo Vidal

Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Vidal membuat perbedaan besar pada pertandingan melawan Inter Milan.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ketika semuanya tampak memburuk bagi Barcelona, Ernesto Valverde ingat bahwa ia memiliki Arturo Vidal. Pemain internasional Cile itu pun mendapat kepercayaan penuh Valverde.

Vidal diminta secara khusus oleh Valverde setelah Paulinho dijual kembali ke Cina. Valverde menginginkan profil berbeda dengan pemain intinya yang ada, seseorang yang memiliki keunggulan lebih kasar, tetapi juga mencocokkannya dengan pengalaman. Pelatih Barca itu membutuhkan seseorang untuk pergi berperang.

Vidal tiba dan butuh beberapa saat untuk menyelesaikannya. Dia mulai di bangku cadangan, padahal selalu menjadi pemain penting di klub-klub sebelumnya. Sempat ada rumor akan adanya perlawanan.

Namun, pelatih Barcelona mampu mengontrol situasi dengan baik, dan Vidal mengakhiri musim dengan posisi penting dalam skuat. Tahun ini pun sama, pemain Cile itu tidak bermain terlalu banyak, terakumulasi hanya 73 menit sebelum pertandingan melawan Inter Milan di Liga Champions. Tetapi Valverde tidak melupakannya dan ketika segalanya tampak buruk melawan Inter, ia diperkenalkan.

Berbeda dari pertandingan melawan Granada, ketika Valverde mencoba hal yang sama namun tidak berjalan sesuai rencana, Vidal membuat perbedaan besar pada pertandingan melawan Inter. Ia mengangkat performa tim dan meningkatkan intensitas yang kurang saat Sergio Busquets berada di posisinya.

"Pelatih mendeteksinya dengan sangat baik dan memberi tahu kami apa yang kami butuhkan saat istirahat," kata gelandang Barca Arthur Melo seperti dikutip dari Marca, Jumat (4/10). "Kami harus meningkatkan tekanan, dan kedatangan Vidal membantu kami dengan itu. Dia memiliki karakteristik yang sangat khusus dan pintu masuknya memberi yang kami butuhkan."

Bahkan, kata Melo, itu lebih dari sekadar intensitasnya. Dalam 38 menit di lapangan Vidal juga berkontribusi dalam serangan dan memberikan bola kepada Luis Suarez untuk gol pertamanya. "Kami harus menunggu dan melihat apakah performanya melawan Inter sudah cukup untuk membuatnya menonjol dalam skema Valverde, mengingat ia belum menjadi starter musim ini," jelas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA