Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Mereka yang Melaju dan Terlempar ke Kasta Kedua

Senin 17 Dec 2018 05:00 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Joko Sadewo

Liga Champions

Liga Champions

Berdasarkan hasil di fase penyisihan, sejumlah big match berpotensi terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Fase penyisihan Grup Liga Champions musim 2018/2019 telah berakhir. Sebanyak 16 tim memastikan diri melaju ke babak knock out.

Tentu saja tiket ke babak tersebut diraih dua peringkat teratas masing-masing kelompok. Ada juga yang turun kasta. Tim-tim yang finish ketiga, menuju ke babak 32 besar Liga Europa.

Dari Grup A ada Club Brugge KV. Wakil Belgia itu kalah bersaing dengan Borussia Dortmund dan Atletico Madrid. Skuat polesan Ivan Leko kini menjajal kompetisi kelas dua benua biru.

Beralih ke Grup B. Inter Milan yang sempat meraih kemenangan dalam dua laga perdana, gagal mempertahankan konsistensi. Wakil Italia itu finish di bawah Barcelona dan Tottenham Hotspur.

Sebenarnya Inter memiliki poin sama dengan Spurs. Dua klub tersebut mengoleksi delapan angka dari enam partai. Hanya saja the Lilywhites unggul agregat gol tandang.

Suasana lebih pelik terjadi di Grup C. Ada tiga tim elit bersaing ketat. Mereka adalah Napoli, Liverpool, dan Paris Saint Germain.

Hingga matchday kelima, Napoli masih menguasai klasemen sementara. Apa daya, di pertandingan pamungkas Partenopei dikalahkan Liverpool, 0-1 di Anfield.

Situasi demikian, membuat skuat polesan Carlo Ancelotti terjerembab ke posisi ketiga. PSG dan the Reds melaju. Wakil Serie A menuju ajang kelas dua benua biru.

"Kami akan berusaha tampil baik di Liga Europa," ujar bek Napoli, Kalidou Koulibaly, dikutip dari laman UEFA, tengah pekan lalu.

Menuju ke Grup D. Raksasa Turki, Galatasaray kebagian tiket Liga Europa. Yuto Nagatomo dan rekan-rekan kalah bersaing dengan FC Porto dan Schalke 04.

Wakil Portugal, Benfica menjadi utusan dari Grup E. Ini konteksnya tim yang lolos ke Liga Europa. Tim polesan Rui Vitoria tidak bisa mengimbangi kedigdayaan Bayern Muenchen dan Ajax Amsterdam.

Selanjutnya di Grup E, ada Shakhtar Donetsk. Kemudian Viktoria Plzen dari Grup G. Terakhir Valencia sebagai utusan dari Grup H.

Los Che gagal bersaing dengan Juventus dan Manchester United. "Kami akan melihat bagaimana hasil undian di Liga Europa, dan mencoba memenangkannya," kata gelandang tim kelelawar, Carlos Soler, dikutip dari laman UEFA.

Pada Senin (17/12) malam WIB, akan ada undian babak 16 besar Liga Champions. Acara tersebut berlangsung di markas Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), Nyon, Swiss. Berdasarkan hasil di fase penyisihan, sejumlah big match berpotensi terjadi.

Berikut daftar para jawara grup. Tim-tim yang finish di posisi pertama antara lain, Barcelona (Spanyol), Bayern Munchen (Jerman), Borussia Dortmund (Jerman), Juventus (Italia), Manchester City (Inggris), Paris Saint-Germain (Perancis), FC Porto (Portugal), Real Madrid (Spanyol).

Barca cs bakal berhadapan dengan para runner up yang tak kalah sangarnya. Tim-tim yang finish di peringkat kedua antara lain Ajax (Belanda), Atletico Madrid (Spanyol), Liverpool (Inggris), Olympique Lyon (Perancis), Manchester United (Inggris), AS Roma (Italia), Schalke (Jerman), Tottenham Hotspur (Inggris).

Hanya tim senegara yang tidak akan bertemu pada babak 16 besar. Kendati dua tim tersebut, berstatus juara dan runner up grup. Selain itu, berbagai pertandingan bergengsi berpotensi terjadi, di antaranya Barcelona versus Manchester United.

Kemudian Real Madrid kontra Liverpool, serta Juventus melawan Atletico Madrid. "Untuk memenangkan Liga Champions, anda harus mengalahkan semuanya. Saya tidak keberatan tim mana yang bakal kami hadapi," kata penyerang Juve, Paulo Dybala.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA