Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Gelar Final Libertadores, Madrid Bisa Untung Rp 408 Miliar

Rabu 05 Dec 2018 17:26 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Copa Libertadores

Copa Libertadores

Foto: thefalse9.com
Final nanti akan menyedot perhatian pecinta sepak bola Spanyol dan negara lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Final Copa Libertadores leg kedua antara River Plate melawan Boca Juniors akan digelar di Stadion Santiago Bernabeu, Kota Madrid, Spanyol, Senin (10/12) dini hari WIB nanti. Seharusnya laga digelar di Stadion El Monumental markas River dua pekan lalu.

Tapi pertandingan dibatalkan dan dialihkan ke luar Argentina karena adanya insiden pelemparan terhadap bus pemain Boca Juniors oleh oknum suporter River. Guru besar ekonomi dari EAE Business School Jaime Fortuño menganalisis, ibu kota Spanyol akan meraup keuntungan sekitar 25 juta euro atau sekitar Rp 408 miliar dari penyelenggaraan final Copa Libertadores atau Liga Championsnya Amerika Selatan itu.

Duel antara Boca dan River memang sarat dengan rivalitas yang tinggi. Apalagi kali ini antara keduanya sudah dibumbui oleh insiden bentrok dan pelemparan bus Boca.

Fortuño mengatakan, final nanti akan menyedot perhatian pecinta sepak bola dari Spanyol dan dari negara lainnya di Eropa. Sehingga, perekonomian masyarakat Kota Madrid khususnya akan terkena dampak positif. "Final Copa Libertadores di Bernabeu akan berdampak positif buat ekonomi Kota Madrid. Mereka akan mendapatkan keuntungan 25 juta euro," kata dia.

Fortuño merincikan 50 persen arus uang akan banyak tersalurkan ke usaha penginapan seperti hotel dan sejenisnya. Sebanyak 20 persennya akan tersedot oleh usaha rumah makan, restoran, dan kafe. Sisanya akan diraup oleh perusahaan lainnya seperti transportasi, souvenir, dan lain-lain.

Fortuño menjelaskan, ada konsekuensi di lain sisi yang harus dipenuhi pemerintah Kota Madrid. Madrid harus menyiapkan sekitar 2.000 petugas polisi untuk mengamankan pertandingan.

Fortuño belum mendapatkan informasi siapa yang akan membiayai pelaksanaan final River vs Boca. Ia hanya memperkirakan biaya akan ditanggung bersama oleh pemerintah Kota Madrid dan federasi Conmebol.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA