Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Babak Pertama Piala Super Eropa, Madrid 1-1 Atletico

Kamis 16 August 2018 03:12 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan

Piala Super Eropa

Piala Super Eropa

Foto: UEFA.com
Atletico menahan imbang Real Madrid di babak pertama Piala Super Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diego Costa menjadi pembuka keunggulan Atletico Madrid saat melawan rival sekotanya Real Madrid di laga Piala Super Eropa, di A le Coq Arena, Estonia, Kamis (16/8). Gol dicetak saat laga. Baru berlangsung dua menit.

Kemampuan individu Costa tidak berhasil dibendung oleh lini pertahanan Los Blancos yang dikawal Sergio. Tendangan kaki kanan Costa pun melesat menembus gawang Thibaut Courtois. Atletico memimpin satu angka.

Pertandingan keduanya pun berlanjut. Madrid beberapa kali berupaya membangun serangan lewat Gareth Bale di sisi kanan. Prosentase penguasaan bola Real Madrid juga lebih tinggi. Isco menjadi figur sentral Madrid dalam menyerang Atletico Madrid.

Peluang sempat tercipta di menit ke-18. Winger Madrid Asensio melepaskan tembakan. Tapi, tembakan Asensio masih bisa ditepis oleh kiper Atletico, Jan Oblak. Sempat kembali menguasai bola, umpan Asensio berhasil dipotong oleh bek Atletico untuk dibuang.

Marcelo juga sempat melancarkan spekulasi dalam upaya Madrid menyamakan kedudukan. Sayang tembakan jarak jauh bek kiri Madrid itu masih melebar jauh di atas mistar.

Penyerang Madrid, Karim Benzema akhirnya menyamakan kedudukan bagi Madrid di menit ke 27 melalui sundulan kepala yang diperoleh dari umpan crossing Gareth Bale. Keadaan menjadi 1 - 1.

Madrid tampak lebih sering melakukan serangan ketimbang Atletico. Prosentase penguasaan bola bun lebih tinggi di Madrid. Sementara Atletico yang membangun serangan lewat Koke dan Griezman lebih jarang membangun serangan. Sayangnya, serangan-demi serangan terus dibangun tanpa membuahkan hasil hingga ke akhir babak pertama.

Di babak pertama, Madrid menguasai bola sebesar 62 persen, sementara Atletico 38 persen. Satu kartu kuning keluar untuk Asensio karena menjegal Costa. Atletico menembakkan dua kali tembakan tepat sasaran. Sementara Madrid menembakkan dua kali tembakan tepat sasaran dari lima tembakan.

Duel Real Madrid vs Atletico Madrid ini menjadi Piala Super Eropa ke-5 antara sesama klub Spanyol. Los Blancos telah mengemas empat gelar juara Piala Super Eropa, takni pada edisi 2002, 2014, 2016, dan 2017. Jika menang, Real Madrid akan sejajar dengan Barcelona dan AC Milan sebagai tim yang paling sering menjuarai Piala Super Eropa dengan koleksi lima gelar.

Sementara Atletico juga punya rekor bagus di ajang ini. Los ojiblancos telah meraih kemenangan pada edisi 2010 dengan mengalahkan Inter Milan 2-0. Dua tahun berikutnya, Atletico berhasil mengalahkan Chelsea 4-1. Dengan statistik tersebut, kedua tim punya kans yang sama untuk meraih trofi Piala Super Eropa 2018 mengingat komposisi pemain yang sama kuat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES