Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Para Legenda Timnas Jerman Soroti Penampilan Buruk Karius

Ahad 27 May 2018 07:10 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Loris Karius

Loris Karius

Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Aksi buruk Karius akan mengancam upayanya menembus level skuat timnas Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Penampilan kiper Liverpool FC Loris Karius saat laga final Liga Champions 2017/2018 kontra Real Madrid membuat para mantan penggawa timnas Jerman bereaksi. Kiper legendaris Jerman Oliver Kahn menilai penampilan buruk Karius saat laga final Liga Champions mengancam masa depan Karius.

"Apa yang terjadi saat ini bisa menghancurkan kariernya," ujar Kahn kepada televisi ZDF di Jerman seperti dikutip dari Sport-1, Ahad (27/5).

Kahn mengistilahkan penampilan buruk Karius itu sebagai aksi kelalaian yang brutal. "Saya kehilangan kata-kata untuk melihat apa yang dilakukannya," jelas dia.

Legenda hidup 48 tahun itu mencoba mengulas apa yang sebenarnya terjadi pada Karius. Menurut Kanh, ada dua kesalahan yang mutlak dilakukan Karius.

Pertama, gol Karim Benzema yang terjadi pada menit ke-50. Kahn tidak tahu bagaimana menjelaskannya. "Tapi ia tampak kebingungan dan itu yang terjadi padanya," kata Kahn.

Yang kedua, sambung Kahn, gol ketiga Madrid yang terjadi pada menit ke-83. Menurut Kahn, tak seharusnya Karius kebobolan dari sepakan keras Bale tersebut. Lagi-lagi, ia melihat Karius mengalami kegugupan. "Menghadapi Bale yang 30 meter darinya? Lagi-lagi menunjukkan kelalaian yang brutal," jelasnya.

Satu gol Madrid lainnya juga milik Bale yang terjadi pada menit ke-66. Tiga gol Madrid tersebut membuat Los Blancos menang 3-1 atas Liverpool. Satu-satunya gol Liverpool terjadi pada menit ke-54 lewat Sadio Mane. Hasil 3-1 tersebut membuat Madrid kembali meraih trofi Liga Champions.

Kahn mengatakan, terkait Karius saat ini paling penting adalah pemulihan mental. Menurut dia, penampilan buruk Karius saat laga final tersebut akan mengganggu kariernya. Baik di internal Liverpool maupun upaya Karius menembus level skuat timnas Jerman.

photo

Kiper Liverpool Loris Karius tertunduk setelah kalah 1-3 dari Real Madrid di pertandingan final Liga Champions, Ahad (27/5) WIB dini hari

Mantan gelandang timnas Jerman Michael Ballack pun ikut mengomentari aksi buruk Karius tersebut. Ia mengatakan, dirinya tak pernah melihat aksi yang lebih buruk dari seorang penjaga gawang seperti Karius saat laga sepenting final Liga Champions. "Sangat tidak biasa bagi seorang kiper, dua kali melakukan kesalahan seperti yang dilakukan Karius," ujar Ballack seperti dikutip dari laman UEFA, Ahad (27/5).

Namun Ballack menilai, kandasnya Liverpool dari Madrid tak menjadikan Karius sebagai faktor yang tunggal. Menurut dia, melihat jalannya pertandingan, Real Madrid memang lebih meyakinkan saat bermain. "Kemenangan Madrid ini bisa saya terima. Mereka lebih matang. Mereka pantas untuk juara Champions lagi," kata mantan gelandang Chelsea tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Senegal Menang 2-1 Atas Polandia

Rabu , 20 June 2018, 00:22 WIB