Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Mohamed Salah Mengingatkan Dunia pada Sosok John Barnes

Sabtu 26 May 2018 07:50 WIB

Red: Didi Purwadi

Mohamed Salah

Mohamed Salah

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
John Barnes menjadi pemain Liverpool pertama yang berkulit hitam.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mohamed Salah, striker andalan Liverpool, tidak hanya memikat dunia dengan permainannya yang brilian. Pemain berusia 25 tahun ini juga menyihir dengan sikapnya yang menampilkan wajah teduh Islam.

"Dia (Salah) mampu secara efektif mengikis pandangan negatif tentang Islam dan menantang Islamophobia, hanya dengan menjadi dirinya sendiri,'' kata Khaled Beydoun, sarjana hukum sekaligus penulis buku 'American Islamophobia', seperti dikutip newyorker.com.

Beydoun menilai Salah mampu bersikap religius namun apolitis. Salah lahiriahnya bukan sosok politik yang menentang Islamophobia di Inggris. Sikap tersebut yang membuat Salah bisa diterima di kalangan fans Liga Primer Inggris yang didominasi kulit putih. 

Rasisme memang telah menjadi 'penyakit' di dunia sepak bola. Pada 2013 lalu, enam fan Charlton Athletic dihukum karena menyanyikan lagu yang merayakan kematian Stephen Lawrence. Lawrence merupakan pemuda kulit hitam yang tewas dibunuh oleh supremasi kulit putih pada tahun 1993.

Pada Maret lalu, fan di St Petersburg meneriakan suara monyet pada dua pemain Prancis berkulit hitam Paul Pogba dan Ousmane Dembele. Di bulan yang sama, surat kaleng dikirimkan ke rumah-rumah Inggris, yang isinya menyatakan tanggal 3 April sebagai 'Hari Menghukum Muslim'.

Sikap rasis juga menerpa pemain kelahiran Jamaika, John Barnes, yang gabung Liverpool pada 1987. Barnes menjadi pemain Liverpool pertama yang berkulit hitam.

''Ketika Barnes gabung Liverpool pada 1987, beberapa fan mengancam akan merobek tiket musiman mereka,'' kenang seorang fan Liverpool, Earl Jenkins. ''Tapi, fan Liverpool akhirnya memeluk Barnes. Dan, saya kira itu yang sekarang terjadi pada Mo Salah dan Islam.''

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES