Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Kamis, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Ini Perbandingan Statistik Salah Vs Ronaldo

Kamis 24 Mei 2018 20:18 WIB

Red: Israr Itah

Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah

Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah

Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez - Peter Powell
Ronaldo telah menjadi pemimpin Madrid selama hampir satu dekade

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Final Liga Champions antara Real Madrid dan Liverpool menempatkan dua sosok penting kedua tim dalam sorotan. Mereka adalah Mohamed Salah di kubu Liverpool dan Cristiano Ronaldo di sisi Real Madrid

Ronaldo telah menjadi pemimpin Madrid selama hampir satu dekade, sementara Salah merupakan bintang baru di Merseyside sejak ditarik dari AS Roma menjelang musim 2017/18. Dua sosok ini telah menjadi kunci dalam keberhasilan Liverpool dan Madrid berlaga di Kiev, Ukraina, Ahad (27/5) dini hari WIB. Berikut ini perbandingan performa kedua tim mengacu kepada statistik Opta, dikutip As, Kamis (24/5):

Salah lebih memaksimalkan peluang

Dari sisi gol, keduanya telah mencetak 44 kali. Angka ini menunjukkan Salah sebagai penyerang yang lebih efisien.

Ronaldo mencapai angka gol tersebut dengan delapan pertandingan lebih sedikit, tetapi ia melepaskan upaya tembakan 83 kali lebih banyak ke gawang. Ini membuat persentase mengubah peluang menjadi gol pada angka 15,8 persen.

Sementara, Salah mencatatkan angka 22,6 persen untuk memaksimalkan peluang menjadi gol. Di sisi lain, pemain timnas Mesir ini juga terbukti sebagai pemain tim dengan berusaha membantu temannya mencetak gol saat punya kesempatan.

Pemain internasional Mesir telah mengemas 14 assist berbanding delapan yang dibuat Ronaldo pada periode yang sama. Ia juga mencoba 103 giringan bola lebih banyak, yakni 194 berbanding 91 yang dilakukan Ronaldo. Salah menyelesaikan 114 dribelnya, sementara Ronaldo hanya 55.

Ronaldo akurat dalam mengoper

Meskipun Salah mengungguli Ronaldo dalam hal mengubah peluang dan memberikan assist, CR memiliki keunggulan di tempat lain. Ronaldo melepas 1.170 operan musim ini 952 di antaranya tepat sasaran. Tingkat akurasinya 81,4 persen.

Itu menempatkannya di depan Salah dengan angka 76,2 persen, meskipun pemain berusia 25 tahun itu telah melepas 155 operan lebih banyak selama musim ini.

Meskipun level Ronaldo mengonversi peluang lebih inferior, CR7 mencetak gol lebih teratur daripada Salah. Ia menjaringkan bola ke gawang tiap 81,4 menit, dibandingkan lawannya pada angka 93 menit.

Ronaldo masih raja Eropa

Perlu diingat, Ronaldo adalah pencetak gol paling produktif sepanjang masa liga Champions dengan 120 gol atas namanya. Lima belas dari angka tersebut hadir musim ini. Ini membuatnya unggul lima gol dari pencetak gol tertinggi berikutnya.

Namun, Ronaldo adalah satu-satunya wakil Madrid pada 10 besar musim ini. Madrid  menunjukkan ketergantungan berlebihan pada pemain berusia 33 itu dengan Gareth Bale yang bermasalah dengan kebugaran dan Karim Benzema yang kesulitan menemukan ketajamannya.

Adapun sepuluh gol yang dicetak Salah membuatnya bergabung bersama rekan setimnya di Liverpool, Roberto Firmino. Sementara Sadio Mane mengemas sembilan gol. Ini menunjukkan distribusi gol dan tanggung jawab yang lebih merata di lini depan Liverpool.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB