Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Selain Sevilla, Tim Ini Singkirkan MU di Liga Champions (2)

Rabu 14 Maret 2018 12:05 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto

Manchester United vs Sevilla.

Manchester United vs Sevilla.

Foto: AP Photo/Dave Thompson
MU kesulitan mengembalikan tradisi sukses di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER -- Kekalahan 1-2 yang diderita Manchester United (MU) dari Sevilla, Rabu (14/3) dini hari WIB seolah menegaskan Iblis Merah masih belum layak untuk kembali berkilau di Eropa. Hasil minor di kandang sendiri, Old Trafford pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions tersebut membuat MU tersingkir dari kompetisi terelite di tanah Eropa.

Secara agregat, pasukan Jose Mourinho kalah 1-2 setelah pada leg pertama bermain imbang 0-0. Kekalahan ini menandai satu dekade MU tanpa prestasi di Liga Champions.

Sejak merengkuh trofi ketiganya di ajang Liga Champions tahun 2008 silam, MU tak pernah lagi mencicipi kesuksesan serupa. Sejumlah tim selalu bisa menghalangi MU untuk bisa mengangkat trofi Liga Champions di akhir kompetisi. Berikut catatan yang dikumpulkan Republika.co.id dari sejumlah sumber:

 

5. 2012/2013 (16 Besar)

MU berhasil menghindari tragedi tahun sebelumnya dengan mampu keluar sebagai juara grup pada babak penyisihan pada edisi Liga Champions 2012/2013. Namun, langkah MU tak terlalu lama karena langsung takluk di babak gugur.

Real Madrid yang kala itu dilatih oleh juru taktik MU saat ini, Jose Mourinho bisa meredam ambisi Wayne Rooney dan kawan-kawan. Bisa menahan seri MU di Santiago Bernabeu 1-1, Madrid sukses meraih kemenangan 2-1 di Old Trafford. Ronaldo yang pernah memberikan kejayaan untuk MU tampil sebagai pahlawan Madrid dengan mencetak gol di dua pertemuan.

6. 2013/2014 (Perempat Final)

Ini adalah musim kala MU mulai kehilangan tradisi sukses di ajang Liga Champions. Pensiunnya Sir Alex di pertengahan tahun 2013 membawa petaka.

Sang pengganti, David Moyes malah memberikan MU masa-masa paling kelam di era sepak bola modern. Di Liga Primer Inggris, untuk pertama kalinya MU harus terlempar hingga peringkat ketujuh. Akibatnya, MU harus melupakan tiket untuk berlaga di Liga Champions musim selanjutnya. Di ajang Liga Champions, MU cuma sampai perempat final setelah disingkirkan oleh Bayern Muenchen.

7. 2014/2015 (Absen)

MU absen di Liga Champions. Bersama pelatih baru, Louis van Gaal, MU mengarungi Liga Europa tanpa kesuksesan.

8. 2015/2016 (Babak Penyisihan)

MU kembali ke Liga Champions. Sayang, semusim absen seolah membuat para penghuni Old Trafford lupa cara menaklukkan Eropa. Di musim ini, MU langsung kandas pada babak penyisihan.

9. 2016/2017 (Absen)

MU tak sanggup kembali ke Liga Champions setelah cuma finis kelima di ajang liga domestik musim sebelumnya. Bersama pelatih anyar, Jose Mourinho, kolektor 20 trofi Liga Primer Inggris ini membuka lembaran baru.

Gelar juara Liga Europa berhasil diamankan sehingga membuat MU mengantongi tiket lolos langsung ke Liga Champions. Titel juara kompetisi kasta kedua di Benua Biru ini sukses membuat MU mewujudkan siklus juara Eropa dalam sembilan tahun.

10. 2017/2018

Optimisme tinggi membawa MU lolos dari babak penyisihan sebagai juara grup. MU tampak akan kembali meraih status tim elite yang pernah pudar. Sayang, skuat Mourinho masih harus menelan pengalaman pahit untuk bisa membuat kembali lebih kuat musim depan. Tim papan tengah La Liga Spanyol, Sevilla sudah cukup untuk membuat MU kembali membumi.

 

BACA JUGA: Selain Sevilla, Tim-Tim Ini Singkirkan MU di Liga Champions (1)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Raut Sedih Suporter Argentina

Sabtu , 23 Juni 2018, 03:30 WIB