Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Duo Argentina Bawa Juventus ke Perempat Final Liga Champions

Kamis 08 Mar 2018 05:06 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Juventus Gonzalo Higuain merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur.

Penyerang Juventus Gonzalo Higuain merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur.

Foto: AP Photo/Frank Augstein
Gol Higuain dan Dybala membawa Nyonya Tua menang 2-1 atas Tottenham.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dua penyerang asal Argentina, Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala menjadi pahlawan timnya saat menyingkirkan Tottenham Hotspur pada babak 16 besar Liga Champions. Gol Higuain dan Dybala membawa Nyonya Tua menang 2-1 atas Tottenham pada leg kedua di Stadion Wembley, London, Kamis (8/3) dini hari WIB untuk lolos ke perempat final dengan agregat 4-3.

Pada pertemuan pertama di Turin bulan lalu, Juventus ditahan imbang 2-2. Meski dalam kondisi tertekan, para pemain Juventus mampu mengatasinya dengan menaklukkan the Lilywhites di depan pendukungnya sendiri.

Tottenham tampil cukup dominan pada babak pertama. Son Heung-min gagal memaksimalkan peluang pada awal laga. Begitu juga Harry Kane membuang peluang untuk mencetak skor. Namun Son akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-39 saat operan Kieran Trippier diselesaikan Son di tiang jauh untuk menaklukkan Gianluigi Buffon. Skor 1-0 pada babak pertama.

Juventus sebenarnya bukan tanpa peluang pada 45 menit awal. Nyonya Tua harusnya mendapatkan penalti pada menit ke-17 saat Douglas Costa dijatuhkan Jan Vertonghen di area terlarang. Namun wasit Szymon Marciniak mengabaikan protes para pemain Juventus.

Memasuki babak kedua, Tottenham masih terlihat nyaman mengontrol laga. Juventus masih kesulitan menaklukkan Hugo Lloris di bawah mistar.

Momen kemenangan Juventus tercipta setelah pelatih Massimiliano Allegri memasukkan Kwadwo Asamoah menggantikan Blaise Matuidi pada menit ke-60. Semenit kemudian, Stephan Lichsteiner masuk menempati posisi Medhi Benatia.

Pergantian ini efektif, Juventus terlihat lebih hidup. Lewat serangan dari sisi kanan yang ditempati Lichsteiner, bola dikirim ke area pertahan Tottenham. Sami Khedira menyambutnya dengan sundulan ke depan gawang. Higuain yang mencium peluang menyambut bola tanpa kawalan. Ia hanya perlu mengarahkan bola ke gawang Tottenham dari jarak dekat tanpa perlu mengontrolnya untuk menaklukkan Lloris pada menit ke-64.

Tiga menit berselang, pendukung Juventus yang hadir di Wembley bergemuruh. Kali ini operan terobosan Higuain membuat Dybala lepas dari jebakan offside. Dybala dengan mudah menaklukkan Lloris dengan mengarahkan bola ke sisi atas.

Tottenham berusaha merespons dengan meningkatkan intensitas serangan. Pelatih Mauricio Pochettino memasukkan Erik Lamela menggantikan Eric Dier pada menit ke-74. Namun belum ada ancaman berarti bagi Buffon karena tangguhnya pertahanan Juventus yang digalang Giorgio Chiellini.

Pochettino kemudian memasukkan Fernando Llorente pada menit ke-86 menggantikan Dele Alli. Ia ingin memaksimalkan tinggi badan Llorente untuk berduel bola udara. Tottenham nyaris menyamakan kedudukan jelang laga berakhir saat tandukan Kane hanya menghantam tiang gawang Nyonya Tua. Kane sebenarnya dalam posisi offside, tapi hakim garus tak mengangkat bendera. Sayang, Lamela terlambat menyambut bola pantul sehingga lebih dahulu diamankan bek Juventus.

Chiellini dkk yang jatuh bangun berhasil mengamankan keunggulan hingga injury time tiga menit berakhir. Kane dkk pun hanya bisa tertunduk meninggalkan lapangan karena kegagalan memaksimalkan peluang menjadi gol.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA