Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Liverpool Incar tanpa Beban di Leg Kedua

Rabu 14 February 2018 05:58 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita

Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan Mohamed Salah.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan Mohamed Salah.

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Juergen Klopp mewanti-wanti Lliverpool tidak kebobolan pada leg perdana.

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp tak mau timnya membawa beban dari kandang FC Porto usai melaksanakan laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (15/2) dini hari WIB. Untuk itu, Klopp mewanti-wanti agar Virgil van Dijk dan kawan-kawan tidak harus kebobolan pada laga leg perdana.

Klopp mengatakan, siapa pun lawan di babak 16 besar sebenarnya bukan masalah. Namun, Klopp mengaku sangat senang karena harus menghadapi Porto di fase ini.

Rasa girang Klopp semakin menjadi-jadi karena leg pertama akan digelar di markas Porto, Estadio Do Dragao. Menurut Klopp, bertanding di Kota Porto, Portugal, pada Februari seperti saat ini sangatlah baik.

Hal itu karena wilayah tropis seperti Portugal tak sedang diselimuti musim dingin layaknya di Inggris. Klopp pun yakin penampilan pasukannya akan lebih lepas ketika tampil di suhu yang relatif pas seperti di Porto.

"Sangat baik bisa melaksanakan laga pertama di Porto karena cuacanya sangat baik. Setelah itu kami harus bisa memanfaatkan dinginnya cuaca di sini pada leg kedua Maret mendatang," kata Klopp dikutip dari Liverpool Echo, Selasa (13/2).

Meski demikian, pelatih asal Jerman ini tak mau timnya merasa laga melawan Porto akan berjalan mudah. Klopp menyanjung juara Liga Champions 2004 itu sebagai tim yang sangat solid.

photo

Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kanan) ketika memimpin sesi latihan di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Selasa (13/2). Liverpool akan menghadapi FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (15/2) dini hari WIB. (EPA-EFE/MANUEL ARAUJO)

Menurut Klopp, ada alasan kuat mengapa saat ini Porto mampu memimpin klasemen sementara Liga Super Portugal. Selain itu, Klopp juga paham dengan kekuatan Porto yang bisa lolos dari fase penyisihan.

Klopp menilai, keberhasilan Porto yang bisa lolos dari grup berisikan tim-tim progresif seperti AS Monaco dan RB Leipzig sangat hebat. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini pun yakin lawatan timnya ke Porto akan jauh dari kata mudah.

Namun, Klopp senang karena sejak pengumuman harus menghadapi Porto pertengahan Desember tahun lalu, ia dan pasukannya kini memiliki banyak pengetahuan soal tim berjuluk Azuis e Branco (si putih biru) itu. Klopp yakin timnya sudah mempelajari dengan baik cara untuk menghadapi Iker Casillas dan kawan-kawan.

"Mereka tim yang sudah membuktikan punya karakter kuat. Mereka bisa melewati adangan tim-tim kuat lainnya dan itu luar biasa. Ini akan menjadi laga yang sulit tapi kami percaya diri," kata Klopp.

Juru taktik Porto Sergio Conceicao sangat antusias menanti kedatangan sang kolektor lima gelar juara Liga Champions ke markas timnya. Menurut sosok berkebangsaan Portugal yang pernah harum dikenal sebagai bintang Liga Seri A Italia ini, Liverpool merupakan salah satu lawan terkuat.

photo

Pelatih Porto Sergio Conceicao. (EPA-EFE/MANUEL ARAUJO)

Sebagai mantan pesepak bola, Conceicao mengaku menggemari persaingan di Liga Primer Inggris. Hal ini otomatis membuatnya mengikuti pula perkembangan Liverpool. 

"Terus terang ini adalah hasil undian yang layak. Kami tahu Liverpool tim kuat tapi saat ini saya pikir kami satu tingkat," kata Conceicao dikutip dari Sky Sports.

Pelatih berusia 43 tahun ini pun mengaku sudah mengemas kelemahan the Reds. Menurut Conceicao, timnya punya peluang besar untuk bisa membuat perjalanan di leg kedua jauh lebih mudah.

"Leg pertama sebenarnya adalah kunci. Kami harus mengamankan segalanya agar laga di Anfield bisa berjalan lebih baik lagi tanpa tekanan," kata mantan pemain SS Lazio, Parma, dan Inter Milan ini.

Lima laga terakhir Porto:

25/1/18 Sporting 0-0 (tandang)

31/1/18 Moreirense 0-0 (tandang)

04/2/18 Sporting Braga 3-1  (kandang)

08/2/18 Sporting CP 1-0 (kandang)

11/2/18 PRLChaves 0-4 (tandang)

Lima laga terakhir Liverpool:

23/1/18 Swansea City 1-0 (tandang)

28/1/18 West Bromwich Albion 2-3 (kandang)

31/1/18 Huddersfield Town 0-3 (tandang)

4/2/18 Tottenham Hotspur 2-2 (kandang)

11/2/18 Southampton 0-2 (tandang)

Empat pertemuan terakhir:

29/11/2007 Liverpool 4-1 Porto

19/9/2007 Porto 1-1 Liverpool 

15/3/2001 Liverpool 2-0 Porto

8/3/2001 Porto 0-0 Liverpool

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 August 2018, 11:11 WIB