Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Kalah dari Vietnam, Timnas U-23 Gagal ke Piala AFC 2020

Ahad 24 Mar 2019 22:36 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Karta Raharja Ucu

Pesepak bola tim nasional U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berupaya melewati pesepak bola tim nasional U-23 Thailand Saringkan Promsupa (kanan) pada pertandingan perdana Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020, di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019).

Pesepak bola tim nasional U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berupaya melewati pesepak bola tim nasional U-23 Thailand Saringkan Promsupa (kanan) pada pertandingan perdana Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020, di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019).

Foto: Antara/R. Rekotomo
Indonesia kalah 0-1 dari Vietnam pada laga kedua penyisihan grup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 takluk 0-1 dari Vietnam pada laga kedua Grup K babak kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Ahad (24/3). Kekalahan ini menutup peluang Garuda Muda melaju ke putaran final Piala AFC U-23 2020 setelah pada laga pertama dihancurkan Thailand 0-4.

Kemenangan itu mengantarkan Vietnam berada di posisi kedua juara Grup K. Sementara Indonesia terpaku di posisi ketiga karena belum mendapatkan satu poin pun, sementara di posisi juru kunci ditempati Brunei Darussalam. Posisi juara grup diraih Thailand setelah menang 4-0 dari Indonesia dan membumihanguskan Brunei 8-0. Thailand dan Vietnam sama-sama mengoleksi enam poin, namun Thailand unggul dalam jumlah gol.

Jalannya Pertandingan
Bermain di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam pada Ahad (24/3) malam, sejak babak pertama Vietnam menggempur habis pertahanan Garuda Muda. Meski kalah dalam jumlah serangan, gawang Timnas U-23 masih selamat hingga babak pertama berakhir, skor kacamata untuk kedua tim.

Permainan keras tersaji pada babak pertama. Tercatat ada 20 pelanggaran dan dua kartu kuning yang diberikan wasit kepada pemain Timnas U-23 Indonesia, yakni Lutfi Kamal dan Marinus Wanewar.

Di babak kedua, Vietnam tidak mengendurkan serangan. Sejumlah peluang tercipta. Namun, lini pertahanan Indonesia berhasil menghambat peluang-peluang tersebut menjadi gol.

Meski diserang, Indonesia bukan tanpa perlawanan. Pada menit ke-53 contohnya, gelandang serang Egy Maulana mendapat kesempatan merobek jala Vietnam jika tendangan kerasnya ke arah gawang tidak dipatahkan Bui Tien Dung. Sadar butuh kemenangan, Garuda Muda memasukkan Saddil Ramdani mengganti Witan Sulaiman di menit ke-56. Namun, Indonesia tetap tidak bisa berbuat banyak di atas lapangan.

Vietnam sempat mengancam gawang Indonesia lewat aksi Nguyen Hoang Duc pada menit ke-58. Namun tembakannya melayang ke atas mistar gawang Indonesia.

Sementara Indonesia berpeluang membobol gawang Vietnam, andai Marinus dapat memanfaatkan kesalahan dilakukan penjaga gawang Vietnam pada menit ke-61. Sayang, tembakan putra Papua itu mampu ditepis penjaga gawang.

Peluang Indonesia kembali datang lewat bola mati pada menit ke-87. Namun, tembakan Saddil yang menjadi algojo melesat jauh di atas mistar gawang.

Harapan Indonesia akhirnya hancur setelah Vietnam menjebol gawang Garuda Muda lewat tandukan Trieu Viet Hung. Gol yang tercipta pada menit 93 itu menutup laga sekaligus membuat peluang Indonesai berlaga di putaran final Piala AFC U-23 musnah. Timnas U-23 Indonesia dipastikan tersingkir karena belum mendapatkan satu poin pun alias nol poin dari dua laga. Di laga terakhir, Indonesia akan melawan Brunei yang juga dipastikan tidak lolos.

Susunan Pemain:
Indonesia: Satria Tama (kiper), Firza Andika, Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, M. Luthfi Kamal, Sani, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Witan Sulaiman, dan Marinus Wanewar.

Vietnam: Bui Tien Dung (kiper), Do Thanh Thinh, Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thanh Chung, Ha Duc Chinh, dan Nguyen Quang Hai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA