Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Kalahkan Argentina, Brasil Melaju ke Final Copa America

Rabu 03 Jul 2019 10:00 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Timnas Brasil merayakan kemenangan.

Timnas Brasil merayakan kemenangan.

Foto: EPA/Fernando Bizerra
Brasil mengalahkan Argentina dengan skor 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, BELO HORIZONTE -- Timnas Brasil pastikan satu tempat ke partai final Copa Amerika 2019 setelah menggilas Argentina dengan skor 2-0 di Stadion Miniearo, Belo Horizonte, Rabu (3/7) pagi WIB tadi. Dua gol Selecao dicetak melalui Gabriel Jesus pada menit ke-19 dan Roberto Firmino menit ke-71. Kemenangan ini sekaligus mempertahankan rekor positif Brasil ketika berlaga di partai semifinal Copa Amerika.

Baca Juga

Sejak 1979 Brasil tak pernah gagal ketika berlaga di partai semifinal. Nantinya, tim besutan Tite akan berjumpa pemenang duel antara Cile melawan Peru. Pertandingan sejatinya berjalan dengan imbang, bahkan La Albicelsete tercatat unggul dalam penguasaan bola 52 persen berbanding 48 persen milik Brasil.

Begitu juga dengan jumlah peluang yang mereka dapatkan sembilan tembakan ke gawang Alisson Becker, Brasil hanya melakukan empat tembakan. Namun, Seleceao dinilai lebih efektif dalam menuntaskan penyelesaian akhir.

Pada interval pertama Brasil berhasil unggul 1-0 lewat gol Gabriel Jesus menit ke-19. Gol ini bermula dari Dani Alves saat merebut bola di daerah pertahanan Argentina. Pemain PSG melepaskan bola ke Firmino dan langsung memberikan umpan ke muka gawang lawan.

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus, yang berdiri bebas dengan mudah merobek gawang Franco Armani. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Brasil dan Argentina saling bertukar serangan. Tempo pertandingan pun makin tinggi. Brasil punya peluang menggandakan keunggulan lewat Philippe Coutinho, tapi tendangan Coutinho melambung jauh.

Argentina memiliki peluang melalui Lionel Messi pada menit ke-57 yang berujung pada tendangan kaki kiri. Namun, tendangan Messi hanya membuat bola membentur mistar gawang Alisson.

Sepuluh menit berselang, tendangan bebas Messi ke pojok kanan gawang bisa ditangkap dengan sempurna oleh portiere Liverpool.

Nahas, saat Argentina mencoba keras menyamakan kedudukan, Kenari Kuning justru sukses mencetak gol kedua lewat Roberto Firmino pada menit ke-71. Gol Firmino kali ini tak lepas dari usaha keras Gabriel Jesus.

Saat menguasai bola di tengah lapangan, Jesus melakukan pergerakan cepat dan tidak bisa dihentikan oleh tiga pemain Argentina. Di kotak penalti, Jesus memutuskan untuk mengoper bola ke arah Firmino yang memiliki ruang tembak lebih terbuka.

Usaha Lionel Scaloni menurunkan Paulo Dybala tak berbuah hasil positif. Hingga laga usai, skor 2-0 untuk Brasil tetap bertahan.

Anggoro Pramudya

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA