Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Southgate: Inggris Harus Terbiasa dengan Status Favorit

Senin 03 Dec 2018 14:17 WIB

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Gareth Southgate

Gareth Southgate

Foto: AP Photo/Scott Heppell
Target terdekat Inggris adalah menjadi juara Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tim nasional (timnas) Inggris berada di kelompok relatif mudah dalam kualifikasi Piala Eropa 2020. Armada the Three Lions tergabung dalam Grup A bersama Republik Ceska, Bulgaria, Montenegro, dan Kosovo.

Hasil undian tersebut menempatkan Harry Kane dan rekan-rekan sebagai favorit. Pelatih Gareth Southgate enggan mempermasalahkan kondisi demikian.

"Kami harus mulai membiasakan diri dengan status favorit. Dalam beberapa tahun ke depan kami memiliki harapan tinggi. Ketika beradaptasi (dengan status favorit), menjadi kunci perkembangan kami sebagai sebuah tim," kata juru taktik 48 tahun itu dikutip dari NBC Sports, Senin (3/12).

Southgate menerangkan, target terdekat Inggris adalah menjadi juara Grup A. Tapi bukan berarti ia menyepelekan kontestan lain.

Pada kesempatan serupa, Southgate mengomentari persaingan antarpemainnya. Ia berharap tidak ada satu pun penggawa Inggris merasa nyaman bakal selalu dipakai timnas. "Dengan begitu ada motivasi untuk berlatih setiap hari," ujarnya.

Pada Ahad (2/12) Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) melakukan undian kualifikas Euro (Piala Eropa) 2020. Pengundian ini berlangsung di Dublin, Republik Irlandia.

Kualifikasi bakal dimulai sejak Maret 2019 hingga Maret 2020. Sebanyak 55 negara dibagi dalam 10 grup. Dua tim teratas dari masing-masing grup lolos ke putaran final.

Piala Eropa nanti berlangsung pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Kali ini event tersebut berada dalam momen spesial. Pasalnya, turnamen antarnegara Benua Biru sudah berumur 60 tahun.

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) lantas memakai format baru. Sebanyak 12 kota di 12 negara berbeada, jadi tuan rumah. Kota-kota tersebut antara lain, Baku, Muenchen, Roma, Saint Petersburg, Kopenhagen, Budapest, Amsterdam, Dublin, Bucharest, Glasgow, Bilbao, dan London. Partai semifinal dan final rencananya semuanya akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris.

Hasil lengkap pembagian grup kualifikasi Piala Eropa 2020

GRUP A: Inggris, Republik Ceska, Bulgaria, Montenegro, Kosovo

GRUP B: Portugal, Ukraina, Serbia, Lithuania, Luksemburg

GRUP C: Belanda, Jerman, Irlandia Utara, Estonia, Belarusia

GRUP D: Swiss, Denmark, Republik Irlandia, Georgia, Gibraltar

GRUP E: Kroasia, Wales, Slovakia, Hungaria, Azerbaijan

GRUP F: Spanyol, Swedia, Norwegia, Rumania, Kepulauan Faroe, Malta

GRUP G: Polandia, Austria, Israel, Slovenia, Macedonia, Latvia

GRUP H: Prancis, Islandia, Turki, Albania, Moldova, Andorra

GRUP I: Belgia, Rusia, Skotlandia, Siprus, Kazakhstan, San Marino

GRUP J: Italia, Bosnia dan Herzegovina, Finlandia, Yunani, Armenia, Liechtenstein

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA