Jumat, 19 Ramadhan 1440 / 24 Mei 2019

Jumat, 19 Ramadhan 1440 / 24 Mei 2019

Gagal di Fase Grup Piala AFF, Indonesia Ulang Catatan Buruk

Rabu 21 Nov 2018 21:07 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain timnas Indonesia beserta pelatih dan ofisial berfoto bersama sebelum berlatih di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Para pemain timnas Indonesia beserta pelatih dan ofisial berfoto bersama sebelum berlatih di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Laga terakhir kontra Filipina di Grup B sudah tak lagi mempengaruhi nasib Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia dipastikan tak lolos fase grup Piala AFF 2018. Nasib buruk skuat Garuda tersebut setelah melihat dua partai laga terpisah lanjutan babak penyisihan Grup B antara Filipina menghadapi Thailand dan Singapura kontra Timor Leste pada Rabu (21/11).

Laga antara Filipina dan Thailand di Stadion Panaad yang menjadi penentu utama nasib Indonesia berakhir dengan skor imbang 1-1. Skor tersebut sudah memastikan salah satu dari dua tim tersebut akan mewakili Grup B ke babak semifinal.

Hasil itu membuat skuat Gajah Perang dan the Azkals kini sama-sama punya mengemas tujuh angka. Thailand memimpin Grup B dengan produktivitas sembilan gol. Sedangkan Filipina punya surplus dua gol.

Kedua kesebelasan pun masih menyisakan satu laga terakhir. Thailand akan menjamu Singapura di Stadion Rajamangala pada Ahad (25/11). Sedangkan Filipina pada hari yang sama bakal merampungkan babak penyisihan Grup B menghadapi Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Namun laga terakhir penyisihan Grup B sudah tak lagi memengaruhi nasib Indonesia. Sebab apapun hasil laga antara skuat Garuda dan the Azkals, tak mampu membuat skuat Garuda lolos fase grup.

Indonesia saat ini berada di tangga keempat Grup B dengan mengemas tiga angka. Kalau pun skuat Garuda menang di laga terakhir, hanya akan membuat skuat asuhan pelatih Bima Sakti punya koleksi enam angka.

Tambahan tiga angka tersebut tak cukup membawa Indonesia melewati garis eliminasi. Piala AFF 2018 hanya mengantarkan dua tim peringkat satu dan dua melaju ke babak semiifinal.

Modal enam angka andaikan menang dari Filipina, tetap membawa Indonesia ke posisi keempat klasemen akhir. Apalagi, ada Singapura yang menang 6-1 dari Timor Leste, pada Rabu (21/11) di Stadion National. Hasil itu membut skuat Negeri Singa tetap bertahan di peringkat ketiga dengan nilai enam angka. 

Kegagalan Indonesia di fase grup Piala AFF tahun ini menjadi catatan serius bagi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kegagalan tahun ini lebih buruk dari gelaran serupa dua tahun lalu. Pada Piala AFF 2016, Indonesia tampil lebih baik di masa kepelatihan Alfred Riedl dengan menempati posisi runner-up untuk yang kelima kalinya.

Kegagalan Indonesia lolos dari fase grup berarti anak-anak asuh pelatih Bima Sakti mengulangi sejarah kelam serupa di tiga Piala AFF sebelumnya, yakni pada tahun 2007, 2012, dan 2014.

Klasemen Grup B Sampai Rabu (21/11)

1. Thailand            3     2    1    0       12-3    7   

2. Filipina              3     2    1    0        5-3     7

3. Singapore          3     2    0    1       7-2     6   

4. Indonesia**)      3     1    0    2       5-6     3

5. Timor Leste**)   4     0    0    4       4-19   0

Keterangan: **) tidak lolos ke semifinal

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA