Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Gol Van Dijk Bawa Belanda ke Empat Besar Liga Bangsa-Bangsa

Selasa 20 Nov 2018 06:42 WIB

Red: Israr Itah

Virgil van Dijk (kiri) merayakan keberhasilan Belanda menahan imbang Jerman 2-2 dan lolos ke babak empat besar Liga A Liga Bangsa-Bangsa

Virgil van Dijk (kiri) merayakan keberhasilan Belanda menahan imbang Jerman 2-2 dan lolos ke babak empat besar Liga A Liga Bangsa-Bangsa

Foto: AP Photo/Martin Meissner
Belanda memuncaki klasemen Grup 1 dengan koleksi tujuh poin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanda mencetak dua gol telat dalam lima menit terakhir untuk bangkit menahan imbang Jerman 2-2 sekaligus lolos ke empat besar Liga Bangsa-Bangsa mewakili Grup 1 Liga A, Selasa (20/11) dini hari WIB. Belanda memuncaki klasemen Grup 1 dengan koleksi tujuh poin, sama dengan Prancis, namun tim Oranje memiliki catatan head-to-head yang lebih baik.

Pada laga yang berlangsung di Veltins Arena, Gelsenkirchen, tuan rumah Jerman telah unggul dua gol melalui Timo Werner (9') dan Leroy Sane (19'). Quincy Promes kemudian memperkecil ketinggalan pada menit ke-85. Hingga akhirnya sepakan voli Virgil van Dijk mengamankan tiket empat besar bagi Belanda, menyusul Swiss, Inggris, dan tuan rumah Portugal di putaran akhir pada Juni 2019. Sementara Jerman finis di posisi terakhir grup dengan hanya mengoleksi dua poin dan terdegradasi ke Liga B.

"Ini penghargaan atas kerja keras kami," kata Van Dijk kepada wartawan, dikutip Reuters. "Bagus mendapatkan gol penyama dan lolos. Setelah babak pertama yang biasa, kami ingin tampil lebih kuat setelah istirahat. Kami menunjukkan karakter malam ini."

Pelatih Jerman Joachim Loew menyesalkan hasil yang didapat timnya. Sebab, Jerman berpeluang menghindari degradasi bila menaklukkan Belanda. Akan tetapi, ia melihat sisi positif laga ini. Ia melihat para pemain muda Jerman mulai menunjukkan potensi mengejutkan pada masa depan setelah penampilan buruk di Piala Dunia 2018 dan sejumlah laga setelahnya.

"Kami memainkan babak pertama yang sangat bagus dan seharusnya mencetak gol ketiga pada babak kedua untuk menyelesaikan pertandingan. Saya agak kecewa dengan hasilnya tetapi secara keseluruhan saya melihat lebih banyak positif daripada negatif," kata Loew.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA