Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Timnas Indonesia tak akan Remehkan Timor Leste

Senin 12 Nov 2018 17:35 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Timor Leste menampilkan performa yang mengandalkan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia Bima Sakti menegaskan skuatnya tidak akan memandang remeh Timor Leste. Indonesia akan menghadapi negeri tetangga itu pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018, Selasa (13/11).

Baca Juga

"Indonesia akan menghadapi Timor Leste mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta," kata Bima dalam konferensi pers pra-laga Grup B Piala AFF 2018 Indonesia kontra Timor Leste di SUGBK, Jakarta, Senin (12/11).

Timor Leste belum pernah menang dari Indonesia sepanjang pertemuan kedua tim. Di Piala AFF 2018, Timor Leste dibantai 0-7 oleh Thailand di laga pertamanya, sementara Indonesia dikalahkan Singapura 0-1, Jumat (9/11). "Saya sampaikan kepada pemain, kami tidak boleh menganggap enteng lawan. Terakhir kali kami bertemu Timor Leste adalah ketika SEA Games 2017 dan itu bukan laga yang mudah," ujar Bima.

Bima melanjutkan, berkaca pertandingan di SEA Games 2017, saat ia menjabat sebagai asisten pelatih timnas U-22 Indonesia, Timor Leste menampilkan performa yang mengandalkan fisik. Timor Leste beberapa kali memancing kericuhan hasil dari permainan keras.

Selain itu, lanjut Bima, Timor Leste juga dianggap memiliki pertahanan rapat yang ketika itu susah ditembus oleh serangan-serangan Indonesia. Namun, pada akhirnya Indonesia menuntaskan laga itu dengan kemenangan 1-0. "Alhamdulillah ketika itu kami menang. Untuk laga besok, kondisi seperti SEA Games bisa saja terjadi lagi," kata dia mengingatkan.

Bima menegaskan, demi menghindari hasil negatif dari laga lawan Timor Leste, skuatnya akan mengantisipasi semua hal yang bisa terjadi. Kemudian, untuk mendapatkan gol, skuatnya harus memanfaatkan setiap peluang termasuk melalui situasi bola mati. "Kami harus fokus dan melupakan kekalahan dari Singapura. Semua pemain siap untuk pertandingan besok malam," kata dia menegaskan.

Hal serupa diutarakan oleh bek kanan Indonesia Gavin Kwan Adsit. Menurut Gavin, suasana tim membaik setelah kalah 1-0 dari Singapura di laga pertama. "Kami sudah berlatih dan suasana tim positif. Kami sangat siap menghadapi Timor Leste," kata Gavin yang kemungkinan besar menggantikan I Putu Gede Juni Antara yang disanksi absen satu laga karena menerima kartu merah dalam pertandingan kontra Singapura.

Timnas Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018 setelah dikandaskan Singapura 0-1 pada pertandingan pertamanya di grup.  Tiga poin atau kemenangan dari Timor Leste akan membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya atau semifinal sebagai salah satu dari dua tim terbaik Grup B.

Timor Leste bertengger di peringkat keempat klasemen grup usai dikalahkan Thailand 0-7 di pertandingan perdana. Posisi pertama dan kedua Grup B diduduki oleh Thailand dan Singapura. Tim terakhir, Filipina, baru memulai pertandingannya di Grup B, Selasa (14/11), versus Singapura.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA