Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Vladimir Putin Ucapkan Selamat ke Khabib

Ahad 07 Okt 2018 22:05 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Khabib Nurmagomedov melepaskan pukulan ke arah wajah Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

Khabib Nurmagomedov melepaskan pukulan ke arah wajah Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

Foto: John Locher/AP
Khabib berhasil mengalahkan Connor McGregor.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Khabib Nurmagomedov berhasil memenangkan pertarungan atas seterunya Connor McGregor dalam perebutan gelar juara di Ultimate Fighting Championship (UFC) di Las Vegas, Sabtu (6/10). Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat atas kemenangan Khabib.

"Putin baru saja menghubungi saya, dan mengatakan ia bangga kepada saya, ia mengucapkan selamat," ujar Khabib seperti dikutip News.com.au.

Khabib berasal dari Dagestan. Wilayah ini merupakan daerah federal Rusia. Warga Dagestan turun ke jalan, berpawai merayakan kemenangan Khabib.

Suhu pertandingan antara Khabib dan McGregor sudah panas bahkan sebelum pertandingan dimulai.

Usai pertaruangan, Khabib yang berhasil meng-KO-kan McGregor lewat pitingan leher dari belakang langsung keluar dari ring. Khabib menyerang kubu McGregor yang dinilai telah membuat ia kesal.

Petugas mencoba melerai dan mengawal Khabib keluar. Tak ada pengumuman atau pelingkaran sabuk juara seperti pertandingan tarung bebas pada umumnya.

Saat konferensi pers, Khabib mengucapkan permohonan maaf menyusul kericuhan yang terjadi di T-Mobile Arena di Las Vegas. Ia mengaku, pertengkaran ini bukanlah bagian dari sisi baiknya.

"Saya mohon maaf terhadap Komisi Atlet Nevada, mohon maaf Las Vegas," kata Khabib, petarung dari Dagestan yang mempertahankan gelar juaranya dalam konferensi pers Sabtu (6/10) waktu setempat. 

photo

Khabib Nurmagomedov berbicara pada konferensi pers usai laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (6/10) waktu setempat.

Ketika ditanya apa yang menyebabkan ia marah, Khabib menyebut soal ketegangan dengan McGregor saat menghadapi pertarungan serta serangan bus pada April.

"Orang-orang bicara tentang saya melompat dari ring," kata Khabib. "Saya juga manusia, bagaimana soal ia tentang agama saya, tentang negara, tentang ayah, ia (McGregor) datang ke Brooklyn lalu merusak bus, hampir saja menewaskan pasangan, bagaimana tentang ini," ujar Khabib.

Baca juga, Ricuh UFC, Khabib: McGregor Bicara Soal Agama dan Ayah Saya.

McGregor yang kembali ke Oktagon setelah hampir dua tahun absen, terlihat berbahaya saat bertukar pukulan dan tendangan di awal pertarungan.  Namun sebagaimana yang telah diperkirakan, Khabib Nurmagomedov segera membawa pertarungan ini untuk menjadi adu strategi dalam pertarungan lantai (ground fighting).

Petarung Rusia itu merepotkan McGregor dengan kemampuan gulatnya, sekaligus mencegah sang lawan berdiri sampai sisa ronde.

Pria Irlandia itu kemudian terluka akibat pukulan cross kanan dari sang petarung Rusia pada ronde kedua dan pertarungan segera kembali dilanjutkan dengan aksi adu piting di bawah. Namun, kali ini sang juara asal Rusia mampu mencegah sang penantang mengangkat punggungnya dari lantai.

McGregor masih mampu bertahan sampai akhir ronde itu, sedikit tersenyum saat klakson tanda berakhirnya ronde dibunyikan. Pada ronde ketiga ia mampu menjaga pertarungan tetap dilakukan dalam kondisi berdiri, melepaskan beberapa serangan ke wajah dan tubuh sang lawan saat ia menemukan kembali jarak pukulnya.

Bagaimanapun, hal itu sedikit terlambat, dan Khabib Nurmagomedov kembali menguasai keadaan pada ronde keempat, mengisap tenaga McGregor dengan tekanannya sebelum mencekik sang lawan untuk mengakhiri pertarungan saat ronde keempat menunjukkan waktu 3:03.

Kemenangan ini mempertajam rekor profesionalnya menjadi 27-0, dan memberikan kekalahan kedua bagi sang petarung Irlandia di ajang UFC.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA