Sabtu 02 Jun 2018 03:59 WIB

Prancis Taklukkan Italia 3-1

Italia yang turun dengan sejumlah wajah baru hanya mampu membalas melalui Bonucci.

Para pemain Prancis merayakan gol Antoine Griezmann (tengah) ke gawang Italia.
Foto: AP Photo/Claude Paris
Para pemain Prancis merayakan gol Antoine Griezmann (tengah) ke gawang Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Prancis memetik kemenangan atas Italia dalam laga uji coba menjelang berlaga di Piala Dunia 2018. Les Bleus menundukkan Azzurri 3-1 di Allianz Riviera, Nice, Sabtu (2/6) dini hari WIB.

Samuel Umtiti, Antoine Griezman, dan Ousmane Dembele menjadi pencetak gol kubu Prancis. Italia yang turun dengan sejumlah wajah baru hanya mampu membalas melalui Leonardo Bonucci.

Jalannya laga

Kedua tim yang sama-sama menggunakan formasi 4-3-3 bermain ofensif sejak awal. Baik Italia maupun Prancis menarik garis pertahannya tinggi dan menekan untuk memaksa lawan berbuat kesalahan. Kedua tim juga melihat celah untuk mencetak gol dari serangan balik.

Prancis sudah unggul pada menit kedelapan lewat Umtiti. Berawal dari operan Benjamin Pavard di sisi kiri luar kotak penalti Italia ke tiang jauh, Kylian Mbappe dengan gesit menyambutnya dengan tendangan first time.

Kiper Italia, Salvatore Sirigu, berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dengan menutup ruang tembak Mbappe. Tapi bola bergerak ke depan gawang yang sudah ditinggalkan Sirigu. Umtiti yang melihat peluang dengan cepat menyambarnya untuk mencetak gol.

Prancis menggandakan keunggulan pada menit ke-29 lewat penalti Antoine Griezman. Penalti didapat setelah Lucas Hernandez dinilai wasit Anthony Taylor dijatuhkan saat berakselerasi di kotak penalti Italia memaksimalkan serangan balik. Sirigu berhasil menebak arah bola dan melompat ke kiri, tapi tetap tak berhasil menghentikan si kulit bundar menggetarkan jala gawangnya.

Tujuh menenit berselang, Italia memperkecil ketertinggalan lewat Leonardo Bonucci. Kapten AC Milan ini menyambut bola rebound tepisan kiper Hugo Lloris dari tendangan bebas keras Mario Balotelli di luar kotak penalti.

Balotelli sebelumnya terlihat dijatuhkan di dalam kotak penalti, tapi wasit Taylor menilai pelanggaran terjadi sedikit di luar kotak 16. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Italia menggebrak pada awal babak kedua lewat Balotelli. Sejumlah peluang cepat didapat lewat sepak pojok, tapi tak bisa dimaksimalkan. Justru gawang Italia hampir kebobolan saat Ousmane Dembele mlancarkan serangan balik. Ia menggiring bola dari bawah menuju kotak penalti Italia dan mengecoh dua pemain Azzurri sebelum melepas tendangan. Tapi bola hanya menerpa mistar.

Setelah beberapa peluang Prancis tak bisa dimaksimalkan, Dembele akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-63. Kembali lewat serangan balik, Mbappe berusaha menusuk ke depan gawang Italia. Bola berhasil dihalau satu bek Azzurri, tapi mengarah ke Dembele yang berada di sisi kanan pertahanan Italia. Ia melepas tendangan melengkung yang membuat bola melewati jangkauan Sirigu tapi kemudian menukik untuk menjebol gawang Italia. Skor 3-1 untuk Les Bleus.

Pelatih Italia Roberto Mancini memasukkan Bryan Cristante menggantikan Lorenzo Pellegrini selepas gol ini. Cristante langsung mendapatkan peluang saat tendangan first time dari luar kotak penalti hanya menyamping tipis di sisi gawang Lloris.

Kedua tim terus bermain menyerang dan mendapatkan sejumlah peluang. Akan tetap gol tambahan tak tercipta hingga laga berakhir.

Susunan pemain:

Prancis (4-3-3)

Lloris; Pavard, Rami, Umtiti, Lucas Hernandez (Mendy 62'); Tolisso (Matuidi 77'), Kanté, Pogba (N'Zonzi 86'); Griezmann (Giroud 77'), Mbappé (Thauvin 83'), Dembélé (Lemar 71')

Pelatih: Didier Deschamps

Italia (4-3-3)

Sirigu; D’Ambrosio (Florenzi 74'), Bonucci, Caldara, De Sciglio; Pellegrini (Cristante 65'), Jorginho (Bonaventura 78'), Mandragora; Berardi (Insigne 74'), Balotelli (Belotti (86'), Chiesa (Zappacosta 88')

Pelatih: Roberto Mancini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement