Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Thursday, 14 Rabiul Awwal 1440 / 22 November 2018

Mancini Coba Formasi 4-3-3 pada Latihan Perdana Italia

Jumat 25 May 2018 03:10 WIB

Red: Israr Itah

Suasana latihan timnas Italia pada Kamis (24/5).

Suasana latihan timnas Italia pada Kamis (24/5).

Foto: Claudio Giovannini/ANSA via AP
Mancini menempatkan Lorenzo Insigne, Mario Balotelli, dan Simone Verdi di depan.

REPUBLIKA.CO.ID, FIRENZE -- Roberto Mancini mencoba formasi 4-3-3 pada hari pertama bertugas sebagai pelatih Italia. Mancini menempatkan Lorenzo Insigne, Mario Balotelli, dan Simone Verdi di depan pada latihan perdana di Coverciano, Firenze, Kamis (24/5), seperti dikutip Football Italia. Verdi kemudian digantikan winger Sassuolo, Matteo Politano. 

Mancini tak dapat menggunakan tenaga striker Lazio, Ciro Immobile. Top skorer Serie A musim 2017/2018 itu meninggalkan lapangan latihan karena cedera. Ia menyusul jejak winger Federico Bernardeschi yang lebih dulu pulang ke Turin untuk menjalani penyembuhan bersama Juventus.

Mancini memutuskan menggeser Alessandro Florenzi ke tengah, padahal dia biasa beroperasi sebagai bek kanan di AS Roma. Florenzi bermitra dengan Jorginho dan rekannya di Roma, Lorenzo Pellegrini, di tengah. Bryan Cristante dari Atalanta kemudian masuk sebagai pengganti.

Baca juga: Mancini Percaya Balotelli Telah Dewasa

Di lini belakang, Mancini memasang Davide Zappacosta, Leonardo Bonucci, Mattia Caldara, dan Domenico Criscito. Sementara itu, di bawah mistar ada kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma.

Mancini mengakui timnas Italia punya talenta besar pada masa lalu. Berbeda dengan sekarang saat ketika Azzurri seolah kesulitan mengumpulkan bintang-bintang baru di tim nasional.

Walau demikian, Mancini tetap yakin dengan para pemain yang dipanggilnya. Ia menilai, mereka akan berkontribusi banyak untuk Azzurri. "Banyak dari mereka muda dan belum banyak bermain di Eropa. Tapi mereka akan mendapatkan pengalaman dan mereka perlu diberi kepercayaan," kata Mancini dikutip dari laman resmi timnas Italia, Kamis.

Ia mengaku tugasnya akan lebih berat dibandingkan para pelatih Italia sebelumnya dengan kondisi ini. Namun, kata dia, timnas Italia punya tradisi selalu bisa membuat para pemain berkembang.

"Banyak tim nasional negara lain punya masalah pada masa lalu dan mereka kemudian kembali bermain di level tinggi dalam beberapa tahun kemudian,” kata dia mengambil contoh.

Formasi timnas Italia dalam sesi latihan pertama:

Donnarumma; Zappacosta, Bonucci, Caldara, Criscito; Florenzi, Jorginho, Pellegrini; Verdi, Balotelli, Insigne

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB