Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Kalah 1-3 dari Home United, Persija Terhenti di Piala AFC

Selasa 15 May 2018 21:54 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Pemain Persija Jakarta Marko Simic (kanan) dan Ramdani Lestaluhu (kiri) meluapkan kekecewaan dalam laga lanjutan Liga 1 melawan Madura United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/5).

Pemain Persija Jakarta Marko Simic (kanan) dan Ramdani Lestaluhu (kiri) meluapkan kekecewaan dalam laga lanjutan Liga 1 melawan Madura United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (12/5).

Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Meski mendominasi pertandingan, Persija tetap gagal merebut pertandingan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta terpaksa harus mengakhiri kiprahnya di Piala AFC 2018 setelah kandas dari Home United. Laga leg kedua semifinal zona Asia Tenggara antara kedua kesebelasan di stadion Gelora Bung Karno (GBK), pada Selasa (15/5) berakhir dengan skor 1-3.

Hasil laga tersebut membuat skor agregat kedua kesebelasan menjadi 3-6. Pada laga leg pertama di stadion Kallang, Singapura, pekan lalu, Home juga berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-2 dari Persija.  

Persija sudah tertinggal 1-3 dari Home di babak pertama. Tiga gol pertama tim tamu terjadi pada menit keenam dan ke-12 oleh gelandang tamu Shahril Ishak. Gol ketiga Home, terjadi pada menit ke-44 oleh Song Ui-young. Satu gol milik Persija di babak pertama, milik Marko Simic lewat sepakan penalti pada menit kesembilan.

Sepanjang babak pertama, laga sengit kedua kesebelasan juga menghasilkan tiga kartu kuning dan dua kali kartu merah. Dua kali kartu kuning kepada pemain belakang tuan rumah Jameirson Xavier membuatnya terusir dari lapangan pada menit ke-37. Persija menyisakan 10 pemain.

Wasit juga memberikan kartu merah kepada kiper cadangan Persija, Daryono pada menit ke-45 lantaran protes dari pinggir lapangan. Sementara tim tamu, sepanjang 45 menit cuma sekali mendapatkan kartu kuning. Yaitu terhadap gelandang Anumanthan pada menit ke-39.

Memasuki babak kedua, kedua pelatih masih mempertahankan komposisi pemainnya. Persija bermain lebih tenang di babak kedua. Sementara para penggawa Home memilih bertahan. Meski bermain lebih santai, para penggawa Macan Kemayoran masih dominan dalam memberikan ancaman.

Akan tetapi, permainan disiplin para pemain the Protectors mampu meredam setiap upaya tuan rumah mengejar skor tertinggal. Sampai menit ke-60, angka di papan skor masih tetap 1-3. Pada menit ke-62, pelatih Stefano Cugurra Teco mulai merotasi komposisi pemainnya.

Teco menarik keluar gelandang serang  Novri Setiawan dan memainkan Addison Alves. Pelatih Aidil Sharin merespons pergantian itu dengan menarik gelandang Shahril Ishak dan memainkan bek Faritz Hameed. Pergantian tersebut menjadi yang kedua bagi Home setelah gelandang sayap Sirina Camara menggantikan Fazli Ayob pada menit ke-34.

Pergantian pemain tuan rumah tak menghasilkan apapun. Sejumlah peluang mencetak gol memang terjadi. Aksi gelandang Riko Simanjutak dan Rohit Chand beberapa kali punya peluang memperkecil ketertinggalan. Pemain belakang Rezaldi Hehanusa ikut membantu serangan.

Tetapi upaya kembali menjebol gawang Home tak ada yang makbul. Sementara para pemain tamu memilih bertahan dan beberapa kali mengandalkan serangan balik.

Persija masih tertinggal dua gol sampai menit ke-75. Pelatih Teco kembali mengganti pemainnya pada menit ke-77. Bomber gaek Bambang Pamungkas masuk ke lapangan menggantikan gelandang Sandy Sute.

Pergantian pemain tersebut tak juga membuat Persija mampu menembus permainan bertahan Home. Home masih unggul dari Persija sampai menit ke-85.

Teco kembali menarik satu gelandangnya Ramdani Lestaluhu pada menit ke-88 dan memainkan Fitra Ridwan. Sharin pun merespons dengan memadatkan lini belakang, menukar gelandang Izzdin Shafiq dengan bek Hafiz Nor.

Pergantian pemain menjelang laga pungkas, juga tak menghasilkan gol. Sampai menit ke-90, skor tetap 1-3. Wasit memberikan tambahan waktu selama empat menit. Akan tetapi waktu tambahan tersebut tak cukup bagi Persija mengejar skor tertinggal. Sampai pluit panjang tanda bubar, Home berhasil menag 1-3.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES