Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

'Aneh, Spanyol Raja Sepak Bola, Tapi Ballon d'Or Tak Pernah Singgah ke Kami'

Kamis 17 October 2013 13:38 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Heri Ruslan

Vicente del Bosque dan Fernando Hierro (kanan)

Vicente del Bosque dan Fernando Hierro (kanan)

Foto: daylife.com

REPUBLIKA.CO.ID,  MADRID — Mantan Kapten Real Madrid dan Timnas Spanyol Fernando Hierro penasaran dengan fakta ironis dibalik penghargaan Ballon d’Or. Bek tangguh yang menutup karirinya pada tahun 2005 lalu ini mengungkapkan, sangat jelas saat ini sepak bola eropa dan dunia dikuasai oleh Spanyol.

 

Namun, belum  ada satupun pemain El Matador yang menerima pengakuan sebagai pemain terbaik dunia dengan menerima piala ballon d’Or. Dua nama tenar di sepak bola Spanyol Xavi Hernandez dan Andres Iniesta hanya mampu menembus posisi kedua atau ketiga di ajang penghargaan ini setiap tahunnya.

 

“Padahal klub-klub kami pun merajai Eropa, aku rasa pantas bila saatnya penghargaan itu diberikan kepada pemain Spanyol,” ujar pria 45 tahun ini dikutip dari Marca.com Kamis (17/10).

 

Pemain berjuluk El Mariscal ini mengatakan, dalam lima tahun terakhir, para pemain yang bersaing dalam perebutan Ballon d’Or terlibat langsung dengan Spanyol. Mereka adalah Lionel Messi yang gemilang di Barcelona dan Cristiano Ronaldo yang tak terhentikan di Real Madrid.

 

Dengan fakta keduanya melempem bersama Timnas masing-masing, justru para pemain Spanyol terus meraih trofi bersama negaranya. Gelar juara Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010 menjadi bukti sahih.

 

Untuk itu, pemain yang pada akhir karirnya bermain bersama klub Liga Inggris Bolton Wanderes ini berharap, untuk tahun 2013 titel pemain terbaik jatuh ke pesepakbola Spanyol.

 

“Saatnya diberikan kepada pemain Spayol. Yah,  meskipun aku sadar penghargaan ini lebih bernilai subjektif, tergantung dari kesukaan para pelatih dan media sebagai pemberi suara terhadap seorang pemain,” ujar Hierro realisitis.

 

Seperti diketahui, setidaknya sejak lima tahun terakhir, jagad sepak bola seolah hanya menjadi panggung bagi dua pemain saja. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo bersaing di papan atas meninggalkan pemain lainnya. Pemain dari liga tempat mereka berkarir justru hanya menjadi bayang-bayang saja. Terakhir pada tahun 2010 lalu Iniesta menjadi pemanis di posisi kedua pemain terbaik dunia di bawah rekan setimnya di Barcelona, Messi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES