Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Dinilai Serang SARA, Cassano Didenda 15 ribu Dolar

Sabtu 21 Jul 2012 10:39 WIB

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Antonio Cassano

Antonio Cassano

Foto: Reuters/Nigel Roddis

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pemain lini depan Italia Antonio Cassano didenda 15 ribu euro (18.250 dolar AS) oleh UEFA atas pernyataannya saat Euro 2012. Saat itu dia mengatakan dirinya berharap tidak ada homoseksual dalam tim.

UEFA mengatakan Cassano didenda karena pernyataannya yang diskriminatif. Ia memiliki tiga hari untuk mengajukan banding.

Dalam suatu konferensi pers bulan lalu, ia dimintai komentar oleh wartawan mengenai laporan yang menyebutkan terdapat homoseksual dalam tim Italia.  "Itu masalah mereka. Saya harap tidak ada homoseksual yang tergabung dalam tim nasional,"ujarnya seperti dilansir Reuters, Jumat (20/7).

Pernyataan tersebut menuai kritik dari kelompok homoseksual. Cassano kemudia meminta maaf melalui kantor berita milik pemerintah Italia ANSA.

"Dengan tulus saya minta maaf karena pernyataan saya menyebabkan kontroversi dan protes di antara kelompok homoseksual. Homophobia seharusnya menjadi pandangan yang tidak saya lontarkan bagi ke publik. Saya tidak bermaksud menyinggung siapapun dan jelas saya tidak ingin mengomentari kebebasan seksual seseorang," kata Cassano dalam pernyataannya.

Cassano adalah salah satu pemain Italia yang mengundang decak kagum selama Euro 2012. Ia membuat Italia mampu mencapai final setelah enam bulan yang lalu menjalani operasi jantung ringan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA