Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Dua Gol Nani Antar Bento Cetak Rekor

Sabtu 08 Oct 2011 10:03 WIB

Rep: Ratna Puspita/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,PORTO – Nani melesakan dua gol untuk mengantar Portugal mengalahkan Islandia, 5-3, pada kualifikasi Grup H Piala Eropa 2012 di Estadio do Dragao, Sabtu (8/10) dini hari WIB. Kemenangan itu juga membuat Paulo Bento mencatat rekor sebagai arsitek Portugal pertama yang memenangi lima laga kompetitif pertama.

Bento menukangi Portugal sejak September tahun lalu setelah Carlos Quirez hanya memetik satu angka dari dua laga kualifikasi. “Rekor ini hanya berguna bagi kerja sama tim yang membuat kami satu langkah lagi lolos kualifikasi setelah start yang sulit,” ujar Bento seperti dilansir Reuters.

Tuan rumah membuka keunggulan melalui sundulan Nani pada menit 13. Pemain sayap Manchester United itu menggandakan keunggulan pada menit 22. Nani melepaskan tendangan dari jarak 12 meter setelah memanfaatkan kesalahan operan Solvi Geir Jonsson.

“Pertandingan ini sangat luar biasa bagi saya. Saya mencetak dua gol. Tapi, hal yang terpenting adalah kami mendapatkan tiga angka,” kata Nani. Helder Postiga memastikan Portugal berada di atas angin setelah menyambar umpan Bruno Alves pada pengujung babak pertama.

Islandia yang tampil tanpa Eidur Gudjohnsen bangkit pada babak kedua. Hallgrimur Jonasson memaksa kiper Portugal, Rui Patricio, memungut bola dari jalanya ketika babak kedua baru berjalan tiga menit. Penyerang berusia 25 tahun ini mencetak gol keduanya pada menit 68.

A Selecao kembali menjauh pada sepuluh menit pertandingan usai. Eliseu memberikan umpan pada Joao Moutinho untuk melesakan gol keempat Portugal. Sedangkan, Eliseu membawa tuan rumah unggul 5-2. Islandia mendapat hadiah penalti pada injury time dan Gylfi Sigurdsson memperkecil ketertinggalan.

Nani memuji Eliseu yang menggantikan Fabio Coentrao pada posisi bek kiri. Pemain Malaga ini kerap membantu Portugal dengan kecepatannya. “Eliseu menunjukan penampilan yang bagus dan memberi pelatih kalau dia dapat diandalkan di masa mendatang,” ujar Nani.

Meski puas dengan kemenangan, Bento kecewa karena timnya kemasukan tiga gol. Pada dua laga sebelumnya, A Selecao tidak kemasukan gol. “Kami tidak konsisten di sisi pertahanan seperti biasanya,” ujar dia.

Saat ini, Portugal mengoleksi 16 angka atau sama dengan yang dikoleksi Denmark. Tapi, Portugal memuncaki klasemen Grup H berkat kemenangan 3-1 atas Denmark pada laga pertama bersama Bento tahun lalu. A Selecao hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke putaran final ketika bertandang ke Kopenhagen, Selasa (11/10).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA