Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Selasa, 22 Syawwal 1440 / 25 Juni 2019

Mike Dean Catatkan Rekor Keluarkan 100 Kartu Merah

Kamis 04 Apr 2019 04:20 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Budi Raharjo

Wasit memberikan kartu merah (ilustrasi)

Wasit memberikan kartu merah (ilustrasi)

Foto: REUTERS
Rekor kartu merah ini tentu tak ada perayaan.

REPUBLIKA.CO.ID,WOLVERHAMPTON -- Wasit Mike Dean mencatatkan rekor sebagai wasit pertama Liga Inggris yang mengeluarkan 100 kartu merah. Kartu merah ke-100 dia keluarkan saat Manchester United melawan Wolves dalam lanjutan Liga Inggris, Rabu (3/4) dinihari WIB kepada pemain MU, Ashley Young.

Dikutip dari BBC, Young diganjar kartu merah Dean akibat kuning keduanya. Kartu merah ke-99 dia keluarkan tiga bulan lalu ketika Burnley menang 2-1 atas tuan rumah Huddersfield. Rekor ini tentu tak ada perayaan.

Wasit berusia 50 tahun itu mengalahkan Phil Down yang mengeluarkan kartu merah sebanyak 67 kali. Di bawahnya ada Mike Riley 66 kali, Graham Poll 63 kali dan Martin Atkinson 58 kali. Sementara tim terbanyak yang mendapatkan kartu merah dari Dean adalah Chelsea dan Manchester City masing-masing Sembilan kali.

Dean juga tak ramah bagi Newcastle United dengan kartu merah yang keluar dari sakunya sebanyak tujuh kali. Arsenal pun turut merasakan keganasannya dengan enam kali kartu merah. Stoke City, Tottenham Hotspur dan West Brom masing-masing mendapatkan lima kali kartu merah.

Birmingham, Charlton, Manchester United dan Sunderland menerima sebanyak empat kali kartu merah dari Dean. Tidak hanya tim, bebarapa pemain pun mendapatkan lebih dari satu kali kartu merah dari Dean.

Kartu merah untuk Ashley Young saat melawan Wolves, Rabu adalah yang kedua ia dapatkan dari Dean. Selain Young, Mike Williamson, Fernando Torres, Laurent Koscielny, Richard Dunne dan Andrew Cole adalah pemain lain yang merasakan dua kali kartu merah dari wasit ini.

Perjalanan kartu merah yang pernah dikeluarkan Dean kepada tim di masa lalu sempat membuat para manajer tim mengeluarkan kata-kata. Seperti pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino pada Februari lalu saat protes kerasnya terhadap kepemimpinan Dean ketika timnya kalah atas Burnley. Akibat protes keras tersebut, Pochettino diberi sanksi oleh Federasi Sepakbol Inggris.

Jose Mourinho pernah mengeluarkan kata sarkas kepada Dean karena tidak puas atas keputusannya ketika Chelsea kalah dari Sunderland 2-1 tahun 2014 lalu. “Saya ingin member selamat lagi. Tapi kali ini Mike Dean. Penampilannya luar biasa,” kata Mou waktu itu.

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger ketika masih menukangi The Gunners juga dibuat marah oleh Dean. Wenger menyebut Dean “Kamu Memalukan” ketika Arsenal ditahan imbang 1-1 melawan West Brom Desember 2017.

Ucapan itu diucapkan Wenger langsung dihadapan Dean. Akibatnya pelatih asal Prancis tersebut mendapatkan sanksi larangan mendampingi tim di pinggir lapangan selama tiga pertandingan dan denda 40 ribu poundsterling oleh FA.

Kendati demikian, mantan wasit Mark Halsey tidak sependapat sepenuhnya atas protes yang ditujukan kepada Dean dari berbagai pihak. Dia bahkan mengkalim para pemain menyukai Dean memimpin pertandingan.

Meskipun dia juga tidak setuju terhadap beberapa keputusan yang dibuat Dean. Kendati demikian, Mark menyebut Dean adalah wasit yang sangat baik dan salah yang terbaik diantara wasit lainnya di Liga Inggris.

Rekor yang ditorehkan Dean pun mendapatkan tanggapan di media sosial. Berbagai ungkapan dikeluarkan oleh nitizen. Salah satunya dari akun Jhonny Sharples.

Dia menulis dalam statusnya meminta pihak Liga Inggris untuk memberikan peringatan. Selain itu, pemilik akun Tim Spiers menyebut bahwa 100 kartu merah yang dikeluarkan Dean adalah sebuah kejuatan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA