Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Ditemukan Jenazah di Pesawat Pengangkut Emiliano Sala

Rabu 06 Feb 2019 12:39 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolanda

Emiliano Sala

Emiliano Sala

Foto: REPUBLIKA
Belum diketahui jenazah siapa yang teridentifikasi ROV.

REPUBLIKA.CO.ID, GUERNSEY -- Mulai ada titik terang keberadaan tubuh Emiliano Sala. Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB) menemukan jenazah dalam reruntuhan Pesawat Piper Malibu N264DB di dasar laut selat Inggris.

Beberapa hari lalu, pesawat ini menerbangkan Sala dari Nantes ke Cardiff. Eks Penyerang Nantes itu bakal memperkuat Cardiff City. 

Baca Juga

Di tengah jalan, mereka hilang kontak. Rupanya, pesawat Piper Malibu terjatuh di lepas pantai Alderney, Selat Inggris. 

"Kami berusaha untuk memulihkan (mengangkat dan mengidentifikasi) tubuh. Jika itu berhasil, kami akan mempertimbangkan pemulihan reruntuhan pesawat," demikian pernyataan seorang juru bicara AAIB, dikutip dari Sky News, Rabu (6/2).

Ada dua penumpang dalam pesawat tersebut. Selain Sala, ada pilot David Ibbotson. Belum diketahui tubuh siapa yang terpantau dalam rekaman ROV (alat pencari yang dikendalikan dari jarak jauh). 

Proses pemulihan membutuhkan waktu. AAIB menghadapi kendala pasang surut arus di perairan itu.

Badan tersebut akan terus melakukan penyelidikan seputar perkembangan insiden ini. Mereka bakal membuat pengumuman resmi jika sudah diperoleh.

Insiden ini bermula ketika Sala dan Ibbotson menuju Cardiff pada Senin (21/1). Selang satu jam setelah lepas landas, pesawat itu hilang kontak. Koordinat terakhir terletak di utara laut Alderney, tepatnya di sekitar Les Casquets, Selat Inggris.

Pihak kepolisian lantas melakukan pencarian. Setelah tiga hari belum ada perkembangan signifikan, pencarian dihentikan. 

Lantas, terbentuklah tim pencari independen. Agen Sala, Sport Cover, melakukan penggalangan dana hingga mampu mengumpulkan 300 ribu euro atau setara Rp 4,8 miliar dalam waktu dua hari. Dana tersebut kemudian digunakan untuk membentuk tim pencari independen dan menyewa dua kapal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA