Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Putin akan Tonton Langsung Superclasico Boca Vs River Plate

Kamis 08 Nov 2018 16:18 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Vladimir Putin

Vladimir Putin

Foto: EPA/Sergei Chirikov
Final Copa Libertadores digelar bertepatan penyelenggaraan KTT G20 di Argentina.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan hadir langsung menyaksikan pertandingan bergengsi di Amerika Latin antara Boca Juniors melawan River Plate. Kedua klub Argentina itu akan saling mengalahkan di partai final Copa Libertadores. Final akan digelar dalam dua leg.

Putin akan hadir di Stadion El Monumental, markas River Plate, untuk leg kedua pada 25 November. Sebelumnya leg pertama akan digelar di markas La Mitad Más Uno di Stadion La Bombonera pada 11 November ini.

"Kabar yang telah terkonfirmasui, Putin akan menyaksikan pertandingan final leg kedua Copa Libertadores," begitu laporan dari AS, Kamis (8/11).

Sebenarnya, Putin menyaksikan pertandingan panas dua klub Argentina ini bukan sebagai penggemar salah satu tim. Putin saat itu memang ada urusan kenegaraan di Kota Buenos Aires untuk mengikuti KTT G-20.

Otoritas sepak bola Argentina memang sengaja menetapkan tanggal salah satu laga final Copa Libertadores bertepatan dengan penyelenggaraan KTT G20 agar para pemimpin negara di dunia dapat menyaksikan langsung untuk hiburan.

Menteri Keamanan Argentina Martin Ocampo memastikan kehadiran orang nomor satu Rusia itu akan mendapatkan pengawalan khusus. Ocampo tidak mau terjadi suatu hal yang tidak diinginkan terhadap Putin karena presiden berusia 66 tahun itu salah satu figur berpengaruh dalam percaturan politik dunia.

"Jika dia ingin datang ke pertandingan itu tidak akan menjadi masalah. Jika Putin datang, kami akan meluncurkan operasi keamanan khusus sesuai dengan kunjungan pemimpin nasional mana pun. Saya pikir dia tidak akan menjadi satu-satunya pemimpin negara yang ingin melihat pertandingan. Bagi kami akan sangat menyenangkan jika lebih banyak presiden datang,” ujar Ocampo.

Duel antara Boca Juniors kontra River Plate sejatinya sarat akan rivalitas abadi di Negeri Tango. Kedua tim dipastikan lolos ke partai final setelah melewati rintangan lawan di partai-partai sebelumnya.

River Plate lebih dahulu memastikan tiket final setelah susah payah mengalahkan wakil Brasil Gremio melalui proses dramatis. Sedangkan Boca melangkah usai menggilas Palmeiras dengan agregat akhir 4-2, tandang-kandang.

Kedua kesebelasan sejauh ini sudah memainkan 52 pertandingan. Boca Juniors mengantongi 17 kemenangan, sedangkan ‎Los Millonarrios mengamankan 20 kemenangan dengan 15 lainnya berakhir imbang. Sementara, dalam lima partai terakhir River Plate lebih unggul daripada sang lawan dengan mencatat tiga kemenangan dan dua kekalahan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB