Kamis, 6 Rabiul Akhir 1440 / 13 Desember 2018

Kamis, 6 Rabiul Akhir 1440 / 13 Desember 2018

Mourinho Anggap Eks Pemain Persib Ini Laiknya Anak

Kamis 03 Mei 2018 09:16 WIB

Red: Hazliansyah

Jose Mourinho

Jose Mourinho

Foto: EPA-EFE/NIGEL RODDIS
Mourinho sebut punya hubungan dekat dengan Michael Essien.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Jose Mourinho menyanjung salah satu bekas anak asuhnya di Chelsea dan Real Madrid, Michael Essien. Ia bahkan menyebut dirinya sebagai "ayah" dari pemain yang terakhir merumput bersama Persib Bandung ini.

"Dia tidak hanya pemain bagiku. Dia adalah anakku. Aku adalah 'ayah kulit putih' untuknya," ujar Mourinho dalam wawancara dengan Astro Supersport, dilansir dari Metro, Kamis (3/5).

Essien datang ke Chelsea di bawah kepelatihan Mourinho pada tahun 2005. Total Essien berseragam the Blues selama sembilan tahun sebelum akhirnya bergabung dengan AC Milan pada tahun 2014.

Pemain asal Ghana itu sejatinya punya karier yang cemerlang bersama Chelsea. Namun, cedera lutut membayangi kariernya. Bahkan, Essien hanya bermain sebanyak 20 kali untuk Chelsea pada musim 2007/2008.

"Dia (Essien) mungkin satu-satunya pemain yang membawaku ke rumahnya, rumah sebenarnya. Ke tempat di mana ia dilahirkan, ke jalanan tempat ia bermain bola saat masih kecil," kata Mourinho.

Setelah berseragam Milan pada musim 2014/2015, Essien melanjutkan kariernya dengan klub Yunani Panathinaikos sebelum kemudian merumput di kompetisi teratas sepak bola Indonesia bersama Persib Bandung.

Meski berstatus pemain bintang, perjalanan Essien di Persib tak berlangsung lama. Essien hanya dikontrak semusim pada 2017/2018. Selama berseragam Persib, Essien tampil 29 kali dan mengoleksi lima gol.

"Dia (Essien) membuatku jatuh cinta dengan Ghana, dengan Accra tempat di mana ia tinggal karena dengan itu aku jadi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang mentalitasnya," ujar Mourinho.

Mou mengerti mengapa Essien sebagai pemain selalu siap bertanding.

"Dia siap berjuang untuk sesama pemain, untuk klub, untuk pelatih, mengapa dia siap main seperti yang ia tunjukkan di Real Madrid meski dengan (cedera) lutut yang sebenarnya bukan lutut yang sempurna, sebenarnya," kata Mourinho.

Essien yang melihat tayangan pujian itu hampir tak bisa membendung air matanya.

"Itu pernyataan yang sangat emosional bagiku. Sangat menyenangkan, kami memang memiliki hubungan yang baik. Bagi dia (Mourinho) bisa mengatakan hal seperti itu tentangku sangatlah spesial," kata Essien.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA