Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Wawancara Eksklusif dengan Legenda Liverpool Patrik Berger

Kamis 08 March 2018 19:48 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto

Legenda Liverpool, Patrik Berger saat menjalani sesi wawancara dengan Republika di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Kamis (8/3) sore WIB.

Legenda Liverpool, Patrik Berger saat menjalani sesi wawancara dengan Republika di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Kamis (8/3) sore WIB.

Foto: Republika/Gilang AP
Liverpool terus tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun di bawah polesan Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Liverpool Patrik Berger mengunjungi Jakarta untuk mengisi rangkaian kegiatan Liverpool FC World Tour di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Kamis (8/3). Rencananya, legenda Liverpool yang pernah berkostum the Reds dari musim 1996/1997 sampai 2002/2003 ini akan menyapa para penggemar di Jakarta hingga Ahad (11/3).

Berikut petikan wawancara Berger dengan wartawan Republika.co.id, Gilang Akbar Prambadi:

T: Bagaimana tanggapan Anda mengenai kunjungan ke Jakarta bersama Liverpool?

J: Ini adalah pengalaman yang selalu menyenangkan. Mengunjungi fan kami di berbagai negara. Saya selalu merasakan rumah di semua tempat karena fan liverpool selalu banyak berdatangan setiap kami membuat acara. Kami sama-sama merayakan keberhasilan klub ini, membahas memori masa lalu, dan tentu membicarakan perjalanan Liverpool sampai saat ini.

T: Soal Kota Jakarta sendiri, kesan Anda ?

J: Hahaha saya belum tahu banyak. Ini baru pertama. Yang jelas sih satu. Macetnya akan saya ingat.

T: Bicara soal Liverpool musim ini yang kembali bertarung di papan atas Liga Primer Inggris hingga pekan ke-29. Komentar Anda?

J: Fantastis. Kami mungkin memang maksimal hanya bisa meraih peringkat kedua karena Manchester City di puncak klasemen sangat superior. Namun perlu diingat kami terus tumbuh dari tahun ke tahun dan kini melangkah baik di liga. Saya yakin kami bisa meraih posisi paling maksimal yang memungkinkan di klasemen akhir.

T: Soal Liga Champions?

J : Kami juga sangat memuaskan di Eropa (lolos ke babak perempat final Liga Champions). Tim ini punya pengalaman bermain baik di di Eropa ketika mencapai babak final Liga Europa musim 2015/2016. Atmosfer Liga Champions tentu berbeda, tapi saya pikir kami melangkah hebat dengan sekarang bisa mencapai perempat final. Hanya saja, selama masih ada Barcelona dan Real Madrid, maka siapapun termasuk Liverpool harus berkerja keras.

T: Menurut Anda soal pengaruh Juergen Klopp sejak melatih selama tiga tahun ini di Liverpool?

J: Wow. Dia pelatih hebat. Liverpool membawa identitasnya sebagai tim yang menyerang di lapangan. Tim ini menunjukkan kemajuan meski komposisi skuat terus berganti. Mereka bisa maju ke sejumlah final bersama Klopp meski belum bisa jadi juara. Musim lalu berjalan sangat baik, kami menembus empat besar dan masuk Liga Champions. Musim ini lebih baik lagi. Cara mereka bermain enak sekali untuk dilihat. Mereka terus mencetak gol. Bermain dengan percaya diri. Saya pikir Klopp memberikan kinerja terbaiknya. Dia manusia baik, pelatih hebat. Luar biasa.

T: Liverpool kembali dengan tradisinya, memilki penyerang tajam setelah dulu ada Michael Owen, Fernando Torres, Luis Suarez, dan kini Mohamed Salah (top skorer sementara Liga Primer Inggris dengan 24 gol). Pandangan Anda soal pemain asal Mesir ini?

J : Salah pemain hebat, saya yakin dia bisa menjadi top skorer Liga Primer Inggris musim ini. Saya berharap jangan sampai pemain ini dijual karena sulit mendapatkan pemain berkelas seperti Salah yang bisa mencetak gol dari sayap, layaknya Lionel Messi (peraih lima Ballon d'Or).

T: Ada saran untuk Liverpool agar lebih baik lagi musim depan?

J: (Bepikir sejenak). Begini, saya tak setiap hari bersama Klopp. Mungkin dalam pandangan saya ada beberapa posisi yang membutuhkan pemain baru. Tapi saya pikir Klopp tentu lebih paham. Sulit untuk menyampaikan pikiran saya.

T: Tapi di beberapa posisi, untuk kiper misalnya, banyak yang mempertanyakan kualitas Simon Mignolet dan Loris Karius. Menurut Anda?

J: Ya saya tahu hal ini, tapi opini saya bukan dari kaca mata pelatih yang setiap saat memantau pemain. Jadi saya hanya berharap musim depan Liverpool bisa meraih segalanya karena progres selama ini sangat menjanjikan.

T:  Sedikit membahas soal negara Anda, Republik Ceska. Tiga kali berturut tak lolos Piala Dunia (2010, 2014, dan 2018). Pendapat Anda?

J: Saat ini kami tak punya kualitas untuk main di Piala Dunia. Pemain yang ada di timnas bukan pemain di atas rata-rata. Jadi saya pikir kami memang kekurangan kualitas untuk lolos.

T: Apakah ini soal buruknya regenerasi?

J: Ya bisa jadi, tapi kami bukan negara dengan jumlah populasi besar (data tahun 2016, populasi Ceska 10,56 juta penduduk). Tentu saja sulit untuk punya generasi emas setiap tahun. Lihat saja Italia (data 2016, 60,6 juta penduduk), lalu Belanda (17,2 juta penduduk) mereka juga tak lolos meski jumlah penduduk lebih besar yang artinya jumlah pesepak bola pun banyak. Namun, saya yakin negara saya akan bisa kembali bersinar suatu saat nanti. Generasi sekarang akan terus tumbuh dan menunjukkan kemajuan.

Profil Patrik Berger

Tempat Lahir: Praha, Cekoslovakia

Tanggal Lahir: 10 November 174

Posisi bermain: Gelandang Serang

Karier klub:

1991-1995 Slavia Praha

1995-1996 Borussia Dortmund

1996-2003 Liverpool

2003-2005 Portsmouth

2005-2008 Aston Villa

2006-2007 Stoke City(dipinjamkan)

2008-2010 Sparta Praha

Karier timnas:

1993-2001

Prestasi:

Borussia Dortmund

- Juara Bundesliga 1995/1996

- Juara DFL-Supercup 1995

Liverpool

- Juara Piala FA 2000/2001

- FA Charity Shield 2001

- Piala UEFA Cup 2000/2001

Individual:

-Pemain terbaik Liga Primer Inggris bulan September 1996

-Pemain terbaik Ceska 1996 (bersama Karel Poborski)

-Bola Emas Ceska: 1999

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Raut Sedih Suporter Argentina

Sabtu , 23 June 2018, 03:30 WIB