Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Mourinho Sukses Karena Berpakain Rapih dan Tidak Gendut Loh

Ahad 27 Feb 2011 16:10 WIB

Red: Didi Purwadi

Jose Mourinho

Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON – Selain taktik jitu, apa yang membuat Jose Mourinho sukses sebagai pelatih sepak bola? Para peneliti menyebutkan salah satu faktor kesuksesan pelatih Real Madrid itu karena Mourinho selalu berpakaian rapih dan tidak gendut.

Loh kok bisa? Sebuah penelitian menunjukkan pemain mendapat kepercayaan diri saat berlaga di lapangan ketika melatih pelatih mereka berpakaian rapih di pinggir lapangan. Pemain sebaliknya kehilangan rasa percaya diri ketika melihat pelatih mereka hanya mengenakan jaket olahraga dan celana training saat mendampingi timnya berlaga.

Mourinho, yang musim lalu sukses membawa Inter Milan meraih treble winner, selalu berpakaian rapih dan mengenakan jas ketika menemani timnya bertanding. Pelatih Portugal yang juga sukses bersama Chelsea itu sebaliknya mengenakan kaos dan celana training ketika latihan. Hal itu, menurut hasil penelitian, bermanfaat untuk meyakinkan pemain mereka dalam mengembangkan kemampuan mereka saat latihan.

‘’Tim memiliki kepercayaan pada taktik pelatih mereka jika mereka melihat pelatih mereka tidak mengenakan jaket dan celana training di pinggir lapangan,’’ kata Dr Richard Thelwell, psikolog olahraga dari Universitas Portsmouth yang memimpin penelitian. "Aku akan menyarankan manajer bahwa strategi dan memotivasi kinerja adalah hal penting pada saat pertandinga. Anda mungkin mendapatkan respon motivasi yang lebih baik dalam setelan jas."

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Psychology ini tidak hanya menyebut jas pelatih sebagai faktor penentu motivasi pemain. Studi ini juga menemukan bahwa tubuh langsing sang manajer - seperti Mourinho atau bos Arsenal Arsene Wenger - mungkin akan lebih mudah untuk memotivasi pemain mereka. Pemain lebih sulit termotivasi ketika melihat tubuh pelatihnya terlalu gendut seperti pelatih Sam Allardyce .

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA