Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Leclerc Siap Jalankan Team Order Lagi

Jumat 26 Apr 2019 06:15 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Formula Satu (F1) Charles Leclerc.

Pembalap Formula Satu (F1) Charles Leclerc.

Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Leclerc diminta memberi jalan bagi Vettel untuk mengejar dua pembalap Mercedes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Ferrari Charles Leclerc menyatakan bersedia kembali mematuhi team order untuk memberi jalan kepada rekan satu timnya Sebastian Vettel di balapan, namun dalam kondisi tertentu. Pembalap berusia 21 tahun asal Monako itu berada di peringkat tiga pada awal balapan GP China, dua pekan lalu. Kemudian, Leclerc diminta memberi jalan bagi Vettel untuk mengejar dua pembalap Mercedes di depan.

Baca Juga

"Tentunya akan selalu ada team order di Formula 1," kata Leclerd dalam sesi jumpa pers GP Azerbaijan, seperti dikutip Reuters pada Kamis (26/4). "Tapi ya itu tergantung situasi. Di sejumlah situasi saya akan (patuh)." 

Team order adalah istilah yang digunakan untuk perintah dari pimpinan tim kepada salah satu pembalapnya agar mengalah untuk berbagai tujuan, terutama untuk menjaga peluang meraih poin maksimal. Leclerc mematuhi team order ketika di GP China, namun Vettel gagal memanfaatkan peluang yang diberikan tim untuk menempel duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Vettel finis ketiga, yang menjadi podium pertama pembalap asal Jerman itu musim ini, namun Leclerc tertinggal di peringkat lima di belakang Max Verstappen (Red Bull).

Leclerc pada balapan GP Bahrain meraih pole position pertamanya di F1 dan hampir mengunci gelar juara balapan jika saja mesin mobil SF90 dia tidak mengalami masalah di 10 lap terakhir. Mantan pembalap Sauber itu harus merelakan peluang juaranya direbut Lewis Hamilton dan beruntung bisa finis peringkat tiga berkat keluarnya Safety Car di lap-lap akhir.

Sebelumnya, kepala tim Ferrari Mattia Binotto menyatakan jika Leclerc dan Vettel dibebaskan untuk saling bersaing namun jika ditemui situasi 50-50 maka Vettel, juara dunia empat kali, akan mendapatkan prioritas.

Leclerc yang baru dua musim ini turun di Formula 1 dan akan menjalani balapan keempatnya dengan Ferrari. Ia memahami posisinya dan akan tergantung kepada dirinya sendiri untuk membuktikan bahwa dia layak bagi tim.

"Saya memiliki banyak hal yang harus dibuktikan dan sekarang tergantung diri saya untuk mengerjakan tugas sebaik mungkin dengan mobil untuk membuktikan kepada tim apa yang bisa saya lakukan," kata Leclerc.

Hamilton, yang pernah berada di posisi serupa ketika menjalani musim balapan 2007 bersama juara dunia Fernando Alonso di McLaren, menyatakan simpati kepada Leclerc dalam sesi jumpa pers tersebut.

"Itu berlawanan dengan nilai intimu karena di lubuk hatimu kamu adalah seorang pembalap," kata pebalap asal Inggris yang kini juara dunia lima kali itu. "Saya paham apa yang Charles rasakan karena di hatinya dia percaya jika dia adalah yang terbaik atau memiliki potensi untuk menjadi yang terbaik. (Mendapati team order) itu seperti meredupkan sinarmu." 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA